Ini Spesifikasi Ngeri Rantis Buatan Tangerang yang Jaga Jokowi di Lampung

Jum'at, 05 Mei 2023 - 20:08 WIB
loading...
Ini Spesifikasi Ngeri Rantis Buatan Tangerang yang Jaga Jokowi di Lampung
PT Surya Sentra Ekajaya memproduksi rantis P6 ATAV seluruhnya di dalam negeri. Foto/DOK. SSE
A A A
LAMPUNG - Ada penampakan menarik saat Presiden Jokowi berkunjung ke Lampung, Jumat (5/5/2023) ini. Di tengah rombongan berjumlah besar itu terdapat empat kendaraan taktis (rantis) yang tampil mencolok.

Selidik punya selidik ternyata kendaraan taktis itu merupakan produksi dalam negeri. Hebatnya lagi rantis tersebut justru dibuat di Tangerang, Banten oleh PT Sentra Surya Ekajaya (SSE Defense)

Dikutip situs Indonesia Defense, P6 ATAV adalah kendaraan taktis atau rantis yang sangat istimewa. Kendaraan ini diproduksi di dalam negeri oleh PT Sentra Surya Ekajaya (SSE Defense).

Dilansir dari laman PT Sentra Surya Ekajaya, P6 ATAV dibekali mesin empat silinder turbo diesel 2.500 cc. Rantis P6 ATAV diklaim bisa mencapai torsi maksimal 144 PS (142 horsepower) pada 3.400 Rpm dengan konfigurasi mesin belakang.



Ini Spesifikasi Ngeri Rantis Buatan Tangerang yang Jaga Jokowi di Lampung


Pada ban P6 ATAV memiliki kemampuan run flat tires, yang memungkinkan ban mobil yang kempis masih bisa dijalankan dengan aman pada kecepatan dan jarak tempuh tertentu. Pada bagian suspensi, P6 ATAV menggunakan independent suspension.

Selain itu, juga terdapat dudukan senjata pada bagian samping dan atas. Dudukan senjata di samping memiliki ukuran kaliber 5,56 mm. Pada dudukan senjata bagian atas kaliber 7,62 mm. Untuk kursi, rantis P6 ATAV memiliki empat buah dan satu untuk penembak.



Dari segi spesifikasi tentunya rantis ini sangat istimewa. Sayangnya rantis ini tidak bisa dijual bebas.

Arga, perwakilan Surya Sentra Ekajaya, di kanal YouTube Om Mobi mengatakan rantis tersebut hanya dijual untuk kepentingan militer. "Dari regulasi tidak boleh, karena mobil ini untuk militer maka aturannya hanya boleh untuk kepentingan militer," jelasnya.

Arga mengatakan proses produksi P6 ATAV dilakukan di Indonesia. Desain dan kekuatan strukturnya benar-benar dilakukan di Indonesia. "Semuanya kita pikirkan di Indonesia," jelasnya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2160 seconds (0.1#10.140)