Viral Jokowi Ganti Mobil di Lampung Karena Lampu Indikator Menyala, Ini Artinya!

Senin, 08 Mei 2023 - 09:21 WIB
loading...
Viral Jokowi Ganti Mobil di Lampung Karena Lampu Indikator Menyala, Ini Artinya!
Paspampres saat mengawal mobil Mercedes-Benz E600 Guard milik Jokowi melewati jalanan rusak di Lampung. Foto: Antara
A A A
LAMPUNG - Kegiatan Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan ke Lampung untuk meninjau langsung jalanan yang rusak menjadi viral. Salah satunya, setelah Jokowi harus berpindah mobil dari sedan Mercedes-Benz E600 Guard ke SUV Toyota Land Cruiser.

Ternyata, setelah dipaksa offroad di jalanan Lampung yang rusak akhirnya mobil menyerah dengan tanda indikator yang menyala. Alhasil, Paspampres menyarankan untuk mengganti mobil. Akhirnya, Jokowi pindah ke mobil yang memang cocok untuk melibat jalan rusak.

Lampu indikator mobil biasanya terdapat di speedometer agar mudah terlihat oleh pengemudi. Namun, lampu indikator mobil memiliki banyak bentuk dan sulit dipahami karena hanya berbentuk lambang tertentu.

Lampu indikator yang menyala menandakan ada yang tidak wajar pada mobil tersebut. Setiap pabrikan sudah menyediakan berbagai parameter yang berhubungan langsung pada sensor masing-masing perangkat pada mobil.

Ada dua jenis warna lampu indikator yang perlu diketahui, yakni Merah, mengindikasikan adanya permasalahan serius dan harus diantisipasi dengan cepat seperti masalah sistem pengereman, rendahnya tekanan oli ataupun overheat.

Sedangkan warna Oranye, mengindikasikan adanya hal yang tidak wajar pada mobil. Pada kondisi ini mobil masih bisa digunakan seperti mobil RI 1, namun harus segera diperiksa ke bengkel terdekat.

Berikut adalah beberapa peringatan lampu indikator di speedometer yang wajib untuk diketahui setiap pengemudi agar lebih waspada seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Temperatur

Tanda temperatur biasanya memiliki lambang termometer dengan gelombang-gelombang seperti air. Apabila indikator ini menyala, maka mesin dalam kondisi over heat atau suhunya melebihi batas toleransi.

Langkah yang perlu dilakukan adalah segera menepi dan matikan mesin, serta membuka kap untuk mengeluarkan suhu panas. Tunggu selama 30 menit apabila ingin menambahkan ciran pendingin ke radiator.

2. Tekanan Oli

Indikator ini dilambangkan seperti teko dengan ada tetesan air yang apabila menyala menandakan tekanan oli di dalam mesin berkurang. Jika didiamkan, maka ini akan merusak komponen di dalamnya.

3. Check Engine

Viral Jokowi Ganti Mobil di Lampung Karena Lampu Indikator Menyala, Ini Artinya!

Tanda check engine digambarkan dengan generator sebenarnya bisa menunjukkan beragam hal yang menjadi sumber masalah pada mobil. Bisa jadi karena penutup bensin yang tak rapat atau komponen mesin yang perlu diganti.

Jangan panik bila tanda ini menyala, Anda bisa langsung menuju ke pusat service dan minta bantuan kepada mekanik untuk mengidentifikasi apa yang terjadi dan memperbaiki masalah tersebut.

4. Simbol Rem Parkir

Simbol yang menyala dapat menunjukkan adanya rem tangan dalam kondisi aktif, serta ada indikasi kekurangan minyak rem maupun permasalahan pada sistem ABS mobil apabila rem parkir sudah dilepaskan.

5. Aki

Arti lambang lampu indikator mobil lengkap pada simbol ini biasanya menunjukkan adanya anomali pada komponen aki. Aki yang berfungsi sebagai perangkat penyimpan listrik memiliki peran penting untuk menghadirkan kebutuhan elektrikal mobil dengan baik.

Apabila lampu indikator tekanan aki menyala, biasanya dapat menunjukkan kondisi kondisi daya listrik yang menurun akibat penurunan kemampuan alternator. Mengetahui kondisi ini, anda sebaiknya segera melakukan pengecekan dengan baik.

6. Bahan Bakar

Lazimnya, penyalaan simbol ini dengan warna kuning menunjukkan kondisi mobil yang sudah mulai kekurangan bahan bakar dan perlu segera diisi.

7. Simbol Kampas Rem

Lampu yang menyala pada lambang ini ini pada dasarnya menunjukkan kondisi kampas rem tipis.


8. Tekanan Ban

Tanda ini akan menyala bila tekanan ban pada salah satu atau beberapa roda di mobil berkurang. Tekanan ban yang kurang berdampak pada borosnya penggunaan bahan bakar hingga menyebabkan kecelakaan akibat selip di jalanan yang basah.

9. Sabuk Pengaman

Apabila lampunya menyala, maka pengemudi atau penumpang belum menggunakan sabuk pengamandenganbaik.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2687 seconds (0.1#10.140)