AS Siap Jual JLTV ke Slowakia, Ini Spesifikasi Penerus Mobil Tempur Humvee

Kamis, 11 Mei 2023 - 07:19 WIB
loading...
AS Siap Jual JLTV ke Slowakia, Ini Spesifikasi Penerus Mobil Tempur Humvee
JLTV M1278A1/A2 HGC kendaraan tempur penerus Humvee. FOTO/ CC
A A A
NEW YORK - Amerika Serikat melalui Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan AS (DSCA) menjual kendaraan tempur kepada Pemerintah Slowakia atas Kendaraan Taktis Ringan Bersama (JLTV).

Slowakia akan memborong 192 unit JLTV M1278A1/A2 HGC (Heavy Gun Carrier) dan layanan terkait dengan biaya sekitar 250 juta dolar AS.



Seperti dilansir dari Army Recognition Kamis (11/5/2023), pembelian tersebut juga untuk sistem persenjataannya berupa M153 Common Remote Weapons Stations (CRWS).

Lalu Display & Control Panels (DCP), M2 Quick Change Barrels (QCB) senapan mesin kaliber 12,7 mm, peluncur granat MK19 40 mm, dan perangkat lainnya.

Mobil tempur legendaris Amerika yakni Humvee memasuki masa pensiun. Militer AS kini tengah menyiapkan pengganti Humvee dengan menggandeng kontraktor pertahanan besar.

Dilansir Reuters, AS memilih AM General, Lockheed Martin Corp dan Oshkosh Corp untuk membangun prototipe pengganti Humvee senilai US$ 56 juta sampai US$ 66 juta. Pengganti Humvee yang lebih kuat ini dinamai Joint Light Tactical Vehicle, atau JLTV.

Kendaraan militer terbaru yang rencananya mulai diproduksi 2015 ini harganya lebih mahal dari Humvee namun memiliki berbagai kelebihan. Mulai dari ketahanan dari sergapan musuh, mobilitas lebih baik dan kemampuan meluncurkan rudal dan bisa diangkut lewat kapal atau helikopter.

Beberapa tipe kendaraan ini adalah

1. Utility carrier dan shelter (JLTV-UTL) sebuah kendaraan 2 penumpang yang bisa menampung senjata artileri howitzer 105mm sampai radar Q-36.

2. The general-purpose vehicle (JLTV-GP) yang didesain untuk mengangkut pasukan dan pasokan ke medan tempur. Kendaraan ini bisa di-upgrade, untuk mendukung penerbang, logistik, pesawat dan lainnya.

3. Heavy guns carrier (JLTV-HGC). Sama seperti JLTV-GP namun dilengkapi dengan beraneka senjata.

4. Close-combat weapons carrier (JLTV-CCWC) adalah kendaraan antitank untuk pertempuran jarak dekat.

Kehadiran JLTV ini untuk menggantikan kendaraan taktis atau kendaraan tempur ringan buatan era Uni Soviet yang masih digunakan oleh militer Slowakia.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)