Tak hanya Hummer, Iran Comot Desain Mobil Legendaris AS untuk Safir

Jum'at, 12 Mei 2023 - 19:45 WIB
loading...
Tak hanya Hummer, Iran Comot Desain Mobil Legendaris AS untuk Safir
Iran aplikasikan desain mobil legendaris AS Jepp untuk Safir. FOTO/ IRNA
A A A
TEHERAN - Iran berhasil membuktikan sebagai negara yang tak berpengaruh walaupun mendapat sanksi ekonomi dan politik dari negara barat. Hal ini membuktikan dengan majunya industri otomotif Iran di kancah global.



Tak hanya Aras-2 yang disebut mempunyai kualitas setara mobil buatan Amerika Serika Hummer, Safir disebut juga sangat mirip dengan mobil buatan AS lainnya Jeep.

Safir adalah kendaraan militer serba guna 4X4 yang diproduksi oleh Fath Vehicle Industries yang bermarkas di Teheran, Iran sejak 2008.

Safir memiliki berat 1,5 ton dan pernah dipasokk untuk militer Iraq karena harganya yang murah dan bisa diproduksi massal.

Dalam dunia militer, Safir yang berpenggerak empat roda (4x4) ini digolongkan ke dalam Light Tactical Vehicle (LTV) alias kendaraan taktis ringan.
Tak hanya Hummer, Iran Comot Desain Mobil Legendaris AS untuk Safir

Sebagai kendaraan taktis ringan yang multiguna, Safir ini bisa dibuat menjadi berbagai macam varian.

Ada Safir buat membawa peluncur roket, misil anti-tank, senapan mesin berat, pusat komando, stasiun radio bergerak sampai ambulans.

Sebenarnya Safir ini dirancang dengan meniru desain jip militer legendaris Amerika Serikat yang sedang jadi musuhnya saat ini, yaitu Willys M38.

Willys M38 ini merupakan Jeep militer AS yang kondang di Perang Dunia II. Safir ini standarnya dirancang tanpa atap (open top), kalau yang pakai atap kanvas (soft top) adalah opsional.

Seperti dilansir dari Teheran News, Jeep Safir ini memiliki panjang 3.510 mm, lebar 1.610 mm, tinggi 1.880 mm, dan wheelbase 2.310 mm.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1844 seconds (0.1#10.140)