Setara dengan Hummer, Ini Kecanggihan Mobil Buatan Iran

Minggu, 07 Mei 2023 - 17:24 WIB
loading...
Setara dengan Hummer, Ini Kecanggihan Mobil Buatan Iran
Iran akan mengekspor 45.000 mobil ke Rusia di bawah kontrak tiga tahun. Foto IRNA
A A A
TEHERAN - Langkah Iran mengirim kendaraanya ke Rusia di tengah sanksi ekonomi dan politik yang diberikan Negara Barat, membuat panas Industri Otomotif Amerika Serikat.



Lalu seperti apa kecanggihan mobi-mobil bikinan Iran tersebut, Iran-Khodro (IKCO) dan Saipa adalah produsen kendaraan Iran yang selama ini didukung pabrikan mobil Prancis baik secara teknologi dan suplier komponen untuk dua pabrikan otomotif Iran, yaitu

Iran Khodro yang berarti "Mobil Iran" merupakan pabrikan terbesar di Iran yang telah menjalin PSA dan Renault sejak lama.

Iran Khodro tercatat merakit di bawah lisensi PSA sejak 2009 dengan produk seperti Peugeot 206, Peugeot 405, Peugeot Pars, dan Peugeot Roa.

Plus mobil nasional IKCO Samand yang dibangun menggunakan platform Peugeot 405.



Sementara itu SAIPA yang didirikan pada 1965 banyak merakit mobil dari Citroen dan Renault. Mobil yang diproduksi SAIPA adalah Citroen Xantia dan Renault Logan yang dipasarkan di Iran dengan nama Tondar 90.

Selain dengan PSA dan Renault, SAIPA juga menjalin kerjasama dengan KIA sejak 1993.

Lalu seperti apa kecanggihan mobil-mobil buatan Iran tersebut.

1. Aras-2

Aras-2 adalah kendaraan militer anti-peluru baru milik Iran. Kendaraan ini didesain dan diproduksi oleh Kementerian Pertahanan Iran dan dirilis pada Agustus 2019.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2300 seconds (0.1#10.140)