All New Yaris Cross Jadi Hybrid Pertama di Medium SUV, Tantang HR-V hingga Omoda 5

Senin, 15 Mei 2023 - 15:48 WIB
loading...
All New Yaris Cross Jadi Hybrid Pertama di Medium SUV, Tantang HR-V hingga Omoda 5
All New Yaris Cross akan jadi hybrid pertama di medium SUV. Foto: dok TAM
A A A
JAKARTA - PT Toyota-Astra Motor (TAM) bikin kejutan dengan merilis All-New Yaris Cross sebagai kendaraan elektrifikasi pertama di segmen medium SUV 5-seater. Model ini bersaing dengan Honda HR-V, Chery Omoda 5, Hyundai Creta, Wuling Alvez, hingga KIA Seltos.

Medium SUV sendiri jadi pasar yang sangat gemuk. Praktis Toyota hanya punya Rush (7-penumpang) di kelas ini. Karena itu, kehadiran All New Yaris Cross dengan 5-seater akan jadi opsi baru bagi konsumen. Apalagi, Toyota juga menghadirkan varian hybrid.

”Industri otomotif Indonesia sudah memasuki era elektrifikasi. Bahkan, jumlah kendaraan dengan baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) pada April 2023 sudah mencapai 6 persen,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Menurutnya, ini juga sejalan dengan Multi Pathway Strategy yang disediakan Toyota, mulai Hybrid EV, Plug-in Hybrid EV, hingga Battery EV.

Diproduksi Lokal, Harga Lebih Terjangkau
All New Yaris Cross Jadi Hybrid Pertama di Medium SUV, Tantang HR-V hingga Omoda 5

Toyota memang belum mengumumkan secara resmi harga dari All-New Yaris Cross. Tapi, diperkirakan ada di angka Rp300 juta-Rp400 jutaan. Besar kemungkinan Yaris Cross bakal jadi mobil hybrid termurah Toyota.

Sebagai perbandingan, Harga Innova Zenix 2.0 G HV adalah Rp 458.000.000. Maka, harga All-New Yaris Cross kemungkinan besar tidak jauh dari harga tersebut.

Fakta lainnya, All-New Yaris Cross menjadi kendaraan elektrifikasi Toyota kedua yang diproduksi lokal setelah Innova Zenix.

Dengan memperluas pilihan kendaraan elektrifikasi ke segmen menengah, Toyota berharap semakin banyak masyarakat yang ikut serta dalam upaya menekan emisi gas buang sehingga dapat berperan aktif dalam mencapai netralitas karbon.

Henry Tanoto menyebut bahwa All-New Yaris Cross yang diluncurkan di Indonesia adalah World Premiere. “Karena sangat berbeda dibandingkan dengan Yaris Cross yang sudah diluncurkan dari negara lain,” katanya.

Toyota sendiri telah menjadi pionir kendaraan elektrifikasi di Indonesia sejak 2009, dengan memasukkan teknologi elektrifikasi sebagai bagian dari Multi Pathway Strategy untuk berkontribusi menekan emisi karbon.

Dengan pendekatan Multi Pathway, Toyota menyajikan beragam pilihan teknologi ramah lingkungan berbasis Electric Vehicle (EV), mulai dari Hybrid EV (HEV), Plug-in Hybrid EV (PHEV), dan Battery EV (BEV).


Menurut Henry, All-New Yaris Cross diharapkan menyediakan opsi lebih lengkap kepada pelanggan dengan mobilitas tinggi saat weekdays yang juga ingin menikmati adventure atau kegiatan outdoor lainnya ketika weekend, serta memenuhi kebutuhan lifestyle-nya yang sporty dan dinamis setiap hari menggunakan Advanced Urban SUV All-NewYarisCross.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2413 seconds (0.1#10.140)