8 Tips Meninggalkan Motor dalam Jangka Waktu Lama

Selasa, 06 Juni 2023 - 22:05 WIB
loading...
8 Tips Meninggalkan Motor dalam Jangka Waktu Lama
Tips meninggalkan motor dalam jangka waktu lama penting dipahami. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Tips meninggalkan motor dalam jangka waktu lama wajib diketahui. Tentu saja, jangan sampai motor yang ditinggalkan itu mengalami banyak masalah. Mulai tidak bisa dinyalakan, korosi , pelumas kering, penggumpalan bahan bakar, dan lainnya.

Karena itu, menjadi penting untuk melakukan perawatan yang tepat sebelum meninggalkan motor dalam waktu lama.

Nah, jika Anda sedang ada tugas luar kota, liburan, atau keperluan lain yang mengharuskan meninggalkan motor dalam waktu lama, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Bersihkan dan Cuci Motor

Sebelum meninggalkan motor, pastikan sudah bersih dan dicuci. Hindari meninggalkan kotoran atau debu pada motor karena dapat menyebabkan korosi atau kerusakan pada permukaan dan komponen motor.

2. Lindungi Motor dengan Penutup
8 Tips Meninggalkan Motor dalam Jangka Waktu Lama

Gunakan penutup motor yang tahan air dan tahan debu untuk melindungi motor dari paparan sinar matahari langsung, hujan, debu, dan kotoran lainnya. Penutup akan membantu menjaga kondisi fisik motor dan mencegah kerusakan.

3. Oli Mesin

Pastikan Anda mengganti oli mesin sebelum meninggalkan motor untuk waktu yang lama. Oli yang segar akan melindungi mesin dari keausan dan korosi selama periode penyimpanan.

4. Baterai

Pastikan baterai terisi penuh sebelum meninggalkan motor, atau pertimbangkan untuk menggunakan pengisi daya baterai otomatis atau memutuskan koneksi baterai jika memungkinkan.

5. Sistem Bahan Bakar

Sebelum meninggalkan motor, pastikan tangki bahan bakar terisi penuh. Ini akan membantu mengurangi risiko kondensasi di dalam tangki yang dapat menyebabkan korosi. Anda juga dapat menambahkan pengawet bahan bakar (fuel stabilizer) sesuai instruksi produsen untuk menjaga kestabilan bahan bakar selama penyimpanan.

6. Ban

Pastikan ban motor memiliki tekanan yang sesuai sebelum meninggalkannya. Jangan meninggalkan motor dalam kondisi ban kempes atau terlalu kencang karena dapat menyebabkan kerusakan pada ban. Jika memungkinkan, letakkan motor di atas alas untuk mencegah deformasi ban.

7. Pelumas

Jika motor akan ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama, pastikan Anda melumasi bagian-bagian penting seperti rantai, engsel, dan bagian-bagian yang rentan terhadap korosi. Ini akan membantu melindungi komponen-komponen tersebut selama masa penyimpanan.


8. Perlindungan dari Hewan atau Serangga

Jika motor akan ditinggalkan di area yang rentan terhadap serangga atau hewan, pertimbangkan untuk menutupi bagian knalpot dan intake udara dengan kain atau bahan penutup lainnya untuk mencegah serangga atau hewan masuk ke dalamnya.

Selain itu, pastikan Anda melakukan pemeriksaan reguler terhadap motor setelah kembali dari periode penyimpanan untuk memastikan semua sistem berfungsi dengan baik sebelum mengendarainyakembali.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3857 seconds (0.1#10.140)