Tips Memilih Kaca Film Mobil, Jangan Terlalu Gelap

Rabu, 07 Juni 2023 - 12:55 WIB
loading...
Tips Memilih Kaca Film Mobil, Jangan Terlalu Gelap
Memilih kaca film mobil penting dipahami untuk mendapatkan dampak yang maksimal. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Tips memilih kaca mobil penting untuk diketahui. Memasang kaca film pada mobil memang sangat diperlukan untuk mengurangi hawa panas dan membuat kabin lebih kedap.

Selain itu, kaca film juga berfungsi menghindari serpihan kaca menyebar ketika terjadi kecelakaan.

Melihat manfaatnya yang begitu penting, perlu dipertimbangkan untuk pasang kaca film mobil sesegera mungkin. Khususnya jika membeli mobil bekas dengan kaca film sebelumnya sudah mengalami kerusakan.

Selain itu, perlu diperhatikan juga soal garansi, karakter kaca film, kemampuannya menolak sinar UV, serta menyesuaikan dengan budget. Jangan lupa, untuk mempertimbangkan tingkat kegelapan dari kaca film itu sendiri.

Untuk itu, simak tips memilih kaca film mobil yang tepat agar pandangan tetap jernih, meski berkendara saat malam hari.

1. Pilih kaca film dengan tingkat kegelapan 20 persen atau 60 persen

Tips Memilih Kaca Film Mobil, Jangan Terlalu Gelap

Untuk pemasangan kaca film pada bagian depan mobil dianjurkan untuk memilih kaca film dengan tingkat kegelapan sekitar 20 persen. Apabila dirasa kurang, maka bisa menambahkan dengan tingkat yang lebih tinggi pada bagian atas kaca saja.

Sedangkan untuk jendela pintu depan kanan dan kiri, disarankan menggunakan tingkat kegelapan 40 persen agar bisa melihat kaca spion dengan jelas. Jika terlalu gelap, dikhawatirkan pandangan ke belakang akan teraganggu.

2. Punya perlindungan dari sinar UV (Ultraviolet) dan inframerah

Disarankan juga menggunakan kaca film yang memiliki perlindungan UV dan inframerah. Selain untuk melindungi kulit agar tidak terbakar oleh sinar matahari, juga untuk menjaga agar kabin mobil tidak terlalu panas dan tetap dingin.

Memilih kaca film yang mampu menepis panas matahari yang mengeluarkan sinar ultraviolet dan inframerah juga turut membuat warna dashboard dan jok tidak mudah pudar karena turut mendapat perlindungan dari kaca film.

Pilih juga kaca film yang memiliki fitur perlindungan UV 400, karena itu artinya dapat menolak sinar matahari bahkan mencapai 99 persen.

3. Mengurangi risiko pencurian

Apabila Anda termasuk orang yang senang meletakkan barang di dalam mobil, maka memerlukan kaca film yang dapat mengurangi resiko pencurian. Kaca film yang harus dipilih adalah dengan kegelapan 60 persen ke atas agar kabin mobil tak mudah terlihat dari luar.

Tapi ingat, kompensasinya adalah Anda akan memiliki daya pandang yang terbatas, terutama saat hujan dan di malam hari. Pasalnya, itu akan membuat kabin menjadi lebih gelap sehingga butuh pencayaan dari luar.

4. Pilih kualitas yang bagus dan tempat pemasangan kaca film yang terpercaya

Saat memasang kaca film juga harus mempertimbangkan tentang kualitas dan bagaimana cara pemasangannya. Usahakan untuk memilih kaca film yang berkualitas baik dan juga dipasang dengan cara yang benar.

Jangan tergoda dengan harga yang murah tapi kualitasnya rendah dan pemasangan yang asal-asalan. Dengan begitu, sudah pasti tidak akan bisa mendapat manfaat dan fungsi yang sesungguhnya dari pemasangan kaca film di mobil.


5. Harga

Ada harga pasti ada rupa. Artinya kaca film dengan fitur lengkap pasti harganya lebih mahal ketimbang yang lebih moderat. Oleh sebab itu, perhatikan secara seksama kebutuhan Anda akan kaca film yang akan diganti dan sesuaikan dengan budget. Jangan lupa pula pastikan garansinya supaya bila ada masalah di kemudian hari Anda tidak perlu repot keluarbiayabesar.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3564 seconds (0.1#10.140)