Pertama Kali, Akio Toyoda Ungkap Detail Mobil Sport Listrik Toyota

Kamis, 15 Juni 2023 - 23:08 WIB
loading...
Pertama Kali, Akio Toyoda Ungkap Detail Mobil Sport Listrik Toyota
Ketua Toyota dan mantan CEO Toyota, Akio Toyoda mengungkapkan beberapa detail tentang mobil sport listrik Toyota. Foto/Motor Authority
A A A
TOKYO - Ketua Toyota dan mantan CEO Toyota, Akio Toyoda mengungkapkan beberapa detail tentang mobil sport listrik Toyota. Dia mengatakan, prototipe mobil bertenaga baterai pertama ini sedang menjalani pengujian.

Toyoda mengatakan, dirinya secara pribadi terlibat dalam pengembangan mobil sport listrik Toyota dan memastikan mobil ini memiliki transmisi manual lengkap dengan pedal kopling. Mobil ini menghasilkan suara mesin seperti Lexus sehingga siapa pun yang mengendarai mobil sulit membedakan apakah ini mobil listrik atau dengan mesin pembakaran internal.

“Titik awalnya bukanlah powertrain yang dimiliki mobil, tetapi betapa menyenangkannya mengemudi ini, terlepas dari powertrain yang digunakan. Prioritas pertama membuat mobil semacam ini adalah mereka harus menyenangkan untuk dikendarai,” katanya pada ajang Le Mans 24 Hours dikutip SINDOnews dari laman Autocar, Kamis (15/6/2023).



Toyota Gazoo Racing telah mulai menguji prototipe mobil sport bertenaga baterai pertamanya. Akio Toyoda secara pribadi terlibat dalam pekerjaan pengembangan untuk memastikannya memenuhi harapannya.

Toyoda mengungkapkan bahwa ekspektasi dasarnya untuk mobil tersebut adalah setidaknya harus sama bagusnya untuk dikendarai dengan model mesin pembakaran saat ini. Di antaranya, GR86, GR Supra, GR Yaris dan GR Corolla.

Oleh karena itu, Toyoda menyarankan agar mobil tersebut dikembangkan memiliki banyak karakteristik mobil bermesin bahan bakar konvensional. Antara lain memiliki kopling, girboks bahkan mengeluarkan suara menderu seperti suara mesin.

“Perbedaan terbesar dari mobil listrik lain yang sedang kami kembangkan adalah, Anda dapat benar-benar mendengar suara mesin. Meskipun, Anda tidak mencium bau bensin. Ada juga transmisi manual dan juga kopling.,” kata Toyoda.



Toyota pada akhir 2021 mengumumkan rencana untuk meluncurkan 30 kendaraan listrik di seluruh merek Toyota dan Lexus pada tahun 2030, termasuk mobil sport. Konsep supercar mirip LFA diperlihatkan untuk Lexus, sementara sesuatu yang menyerupai MR2 modern diperlihatkan untuk Toyota.
Pertama Kali, Akio Toyoda Ungkap Detail Mobil Sport Listrik Toyota


Toyota telah mengkonfirmasi Lexus mempunyai waktu akselerasi 0-60 mph di bawah dua detik dan memiliki transmisi manual. Manual tidak akan benar-benar terhubung ke powertrain, sebaliknya hanya mensimulasikan sensasi perpindahan gigi dengan menyesuaikan torsi powertrain listrik.

Waktu peluncuran mobil sport listrik Toyota tidak disebutkan. Toyoda juga mengatakan bahwa dia tidak tahu apakah mobil tersebut akan diproduksi. Tahun lalu, Toyota menjual 26.000 BEV setelah model pertamanya, bZ4X, ditarik kembali karena masalah keamanan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3503 seconds (0.1#10.140)