Begini Spesifikasi Motor Sakti Honda GL 100 Tunggangan Komjen Fadil Imran

Rabu, 05 Juli 2023 - 15:13 WIB
loading...
Begini Spesifikasi Motor Sakti Honda GL 100 Tunggangan Komjen Fadil Imran
Honda GL 100 tunggangan Komjen Fadil Imran yang masih dalam kondisi terawat. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Mantan Kapolda Metro Jaya Fadil Imran punya kenangan manis dengan Honda GL 100 . Tepatnya, saat ia masih jadi pengasuh taruna.
Hal tersebut diceritakannya lewat unggahan akun Instagram @kabaharkam. Pria yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan itu terlihat berdiri persis di samping motor dinas di Akademi Kepolisian.

Diketahui, motor tersebut adalah Honda GL 100 dengan ciri khas lampu kotak. Honda GL Series itu dicat warna abu-abu, kelir khusus yang biasa dipakai dinas kepolisian. Meski usianya tidak lagi muda, motor tersebut terlihat masih dalam kondisi sangat baik.

Komjen Fadil Imran menceritakan kenangan ketika mengendarai Honda GL Series tersebut di masa lalu. Ia mengatakan seluruh taruna yang didiknya tahu betapa menakutkannya motor ini, bahkan saat mendengar suaranya saja sudah membuat kaki bergetar.

“Saya berkunjung ke Akdemi Kepolisian, dan mendatangi bagian angkutan dan bengkel (angkel). Di sini saya menemukan kendaraan saya ketika saya menjadi dantontar pada 1994. Alhamdulillah motor ini masih terawat dengan baik,” kata Fadil dikutip dalam unggahan video di akun Instagram @kabaharkam.

Honda GL Series dengan pelat nomor khusus kepolisian 1507-04 itu dikatakan Komjen Fadil memiliki banyak cerita. Bahkan, ia menyebutnya sebagai motor sakti karena apa pun bisa terjadi ketika motor ini tiba.

“Banyak cerita dibalik Honda GL ini. Apa pun bisa terjadi dengan dengan Gonda GL ini. Dan seluruh taruna tahu, bisa mengenang betapa saktinya Honda GL ini. Oleh sebab itu, saya bernostalgia, melihat kembali motor kebanggaan saya ketika menjadi pengasuh taruna,” ujarnya.

Dari penampakannya, Honda GL 100 yang pernah menjadi tunggangan Komjen Fadil Imran sudah lebih modern dengan menggunakan sistem pengapian CDI. Model tersebut diperkenalkan pada akhir 1985, yang juga terlihat pada lampu sein dan headlamp yang berbentuk kotak.



Untuk urusan dapur pacu, Honda GL 100 lansiran 1985 dibekali mesin satu silinder berkapasitas 105 cc berpendingin udara. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 12 hp pada 10.000 rpm dan torsi puncak 8,3 Nm.

Dari segi dimensi, motor ini memiliki ukuran panjang 1.900 mm, lebar 735 mm, dan tinggi 1.017 mm, dengan jarak sumbu roda 1.200 mm. Rodanya menggunakan velg ring 10 ang dibalut ban ukuran 2,50 depan dan2,75belakang.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)