Indonesia Bakal Pimpin Penjualan Mobil Listrik ASEAN di 2040

Senin, 10 Juli 2023 - 07:05 WIB
loading...
Indonesia Bakal Pimpin Penjualan Mobil Listrik ASEAN di 2040
Wuling Air ev merupakan mobil listrik murni yang diproduksi di wilayah Cikarang, Jawa Barat, Indonesia. Foto: Wuling Motors
A A A
BANGKOK - Indonesia diprediksi bakal memimpin penjualan mobil listrik di kawasan ASEAN di 2040. Bagaimana penjelasannya?

Indonesia diprediksi bakal memimpin penjualan mobil listrik di kawasan ASEAN atau Asia Tenggara di 2040. Prediksi itu dikeluarkan oleh BloombergNEF baru-baru ini.

Dilansir Bangkok Post, Indonesia dan Thailand akan memegang peranan penting pada industri mobil listrik di kawasan Asia Tenggara. Saat ini Thailand memang masih memimpin penjualan mobil listri dibanding Indonesia.

Pada 2022 lalu, Negeri Gajah Putih itu berhasil menjual sebanyak 51.000 unit mobil listrik. Di sisi lain, Indonesia berada di urutan nomor dua dengan penjualan mobil listrik sebanyak 15.437 unit di 2022.

“Thailand akan jadi pemain besar dalam pasar mobil listrik, hanya saja pada 2040 Indonesia akan berada di depan karena ukuran pasar mobil penumpang yang sangat besar," ucap Allen Tom Abraham, analis senior dari BloombergNEF.

Dia melanjutkan saat ini mobil listrik di Indonesia dan Thailand sangat maju berkat dukungan dan insentif yang diberikan pemerintah.
Kebijakan-kebijakan baru terus dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia dan Thailand untuk mempromosikan mobil listrik.

Di Indonesia diketahui saat ini ada dua merek mobil yang memproduksi mobil listrik di dalam negeri. Keduanya adalah Wuling dan Hyundai.

Wuling memproduksi mobil listrik Wuling Air ev di wilayah Cikarang, Jawa Barat. Begitu juga dengan Hyundai yang membuat Hyundai Ioniq 5 di wilayah yang sama.

Lebih lanjut BloombergNEF mengatakan produksi mobil listrik membutuhkan investasi besar terutama dalam kebutuhan rantai pasokan baterai.

Indonesia Bakal Pimpin Penjualan Mobil Listrik ASEAN di 2040

Permintaan baterai litium tahunan diperkirakan akan tumbuh pesat, mendekati 5,7KWh per tahun pada 2035 dalam skenario transisi ekonomi. Permintaan baru baterai lithium-ion diperkirakan akan mencapai 244 TWh pada 2050.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)