4 Fitur Penting di Low SUV Agar Bisa Nanjak dengan Nyaman

Jum'at, 14 Juli 2023 - 18:05 WIB
loading...
4 Fitur Penting di Low SUV Agar Bisa Nanjak dengan Nyaman
Low SUV memiliki ground clearance tinggi dan performa yang lebih untuk melibas berbagai tanjakan. Foto: Suzuki
A A A
JAKARTA - Persoalan mobil bisa nanjak atau tidak di kelas low SUV dianggap penting. Maklum, konsumen low SUV memang umumnya sering melakukan berbagai aktivitas roadtrip. Tentunya, mereka sering berhadapan dengan jalanan menanjak yang sempit dan curam. Karena itu, wajar jika penyuka mobil low SUV ingin memastikan bahwa mobil mereka bisa nanjak dengan nyaman.

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, menyebut bahwa perjalanan di pedesaan Indonesia sangat beragam karakternya. Mulai permukaan jalan kurang bersahabat, elevasi atau ketinggian lokasi yang beragam, juga lintasan licin akibat pasir maupun basah.

Nah, menurut Donny, ada beberapa fitur di low SUV seperti New XL7 Hybrid yang akan membuat konsumen merasa lebih percaya diri dan nyaman saat menanjak atau sedang road trip:

1. Ground Clearance dan Suspensi

New XL7 Hybrid memiliki ground clearance setinggi 200 mm serta suspensi yang nyaman. Ini penting sekali untuk melalui berbagai kondisi jalan. Misalnya, saat diuji coba melalui jalur Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunung Kidul menuju kawasan perbukitan Kecamatan Prambanan, Sleman. Rute itu tidak hanya kurang mulus, sesekali harus melewati jalan berlubang. Karena itu, ketinggian mobil atau GC dan suspensi empuk penting untuk kenyamanan.

2. Transmisi Otomatis AT
4 Fitur Penting di Low SUV Agar Bisa Nanjak dengan Nyaman

Keunggulan transmisi otomatis (AT) 4-percepatan di New XL7 Hybrid terasa lebih tangguh saat menghadapi tanjakan curam maupun jalan datar yang panjang. Berbeda dengan CVT, transmisi AT memiliki torque converters, planetary gear set dan hydraulic control unit untuk memastikan pengoperasian perpindahan gigi percepatan lebih mudah dan penyaluran tenaga dari mesin ke roda dapat terasa lebih mantap.

Berkat transmisi AT, torsi lebih terasa untuk jalanan yang sulit seperti saat menanjak, sekaligus memberikan efek ‘engine break’ saat perjalanan menurun. Saat digunakan di rute jalan mendatar pun, transmisi ini akan menyalurkan akselerasi untuk meraih kecepatan yang diinginkan secara lebih cepat.

3. Hill Hold Control
4 Fitur Penting di Low SUV Agar Bisa Nanjak dengan Nyaman

HHC fungsinya membantu pengendara saat mulai berjalan di tanjakan. Saat mobil mulai bergerak di tanjakan, sistem Hill Hold Control membantu mencegah kendaraan tidak bergerak mundur (sekitar 2 detik) saat pengendara memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas. Dengan demikian perjalanan dapat dilanjutkan secara mudah tanpa rasa cemas.


4. ESP (Electronic Stability Program)

ESP akan membantu mobil tetap stabil di jalan licin akibat pasir maupun genangan air, terlebih saat berada di tikungan yang membutuhkan kesigapan pengendara untuk berbelok. New XL7 Hybrid akan bekerja membantu mengendalikan kendaraan saat menikung jika roda depan atau roda belakangtergelincir.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4580 seconds (0.1#10.140)