Kekurangan Mobil Sedan yang Membuatnya Tidak Laku di Indonesia

Minggu, 23 Juli 2023 - 12:34 WIB
loading...
Kekurangan Mobil Sedan yang Membuatnya Tidak Laku di Indonesia
Kekurangan Mobil Sedan yang Membuatnya Tidak Laku . FOTO/ CARSCOOPS
A A A
JAKARTA - Mobil sedan dikenal sebagai kendaraan mewah di Indonesia. Ini yang membuat mobil jenis ini tetap eksis di Indonesia. Padahal, mobil ini kurang diminati masyarakat Tanah Air akibat memiliki beberapa kekurangan.



Seperti diketahui, masyarakat Indonesia lebih memilih mobil jenis MPV yang dapat menampung lebih banyak anggota keluarga. Mengingat mobil sedan hanya bisa memuat lima orang di dalamnya.

Oleh sebab itu, mobil sedan dianggap kurang tepat untuk mereka yang memiliki keluarga besar. Selain itu, simak lagi kekurangan mobil sedan yang membuat kendaraan di segmen ini sepi peminat seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Kapasitas kabin dan bagasi kecil

Kekurangan pertama dan paling terlihat dari mobil sedan yaitu kapasitas kabin dan bagasi yang kecil. Kembali lagi, di Indonesia rata-rata pemilik mobil memang menggunakan mobil sebagai alat transportasi keluarga.

Selain dapat mengangkut banyak penumpang, mereka juga membutuhkan tempat untuk menyimpan barang yang cukup banyak. Atas alasan inilah mobil sedan tidak bisa digunakan sebagai mobil keluarga.

2. Ground clearance rendah


Meski ground clearance yang rendah bisa menjadi kelebihan karena dapat mendukung performa mesin dan akselerasi, tetapi ini juga bisa menjadi kekurangan. Terlebih pada jalanan di perkotaan, seperti Jakarta.

Ground clearance yang rendah membuat mobil sedan kurang andal digunakan di jalan bergelombang. Beberapa daerah yang kerap banjir setelah hujan besar membuat mobil sedan tidak dapat melaluinya karena dapat merusak berbagai komponen.

3. Boros BBM


Pada umumnya, mobil sedan dibekali dengan mesin berkapasitas besar demi memberikan performa yang mumpuni. Penggunaan mesin berkapasitas besar ini memang bisa memberikan tenaga yang lebih, tetapi membuat konsumsi BBM lebih boros.

Seperti diketahui, masyarakat Indonesia akan mencari mobil dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Mobil dengan konsumsi bensin yang boros sudah pasti akan dijadikan pilihan berikutnya.

4. Tidak ringkas


Ringkas dalam artian di sini adalah dimensinya yang lebih panjang, padahal hanya memiliki 5 kursi di dalamnya. Berbeda dengan mobil hatchback atau city car yang memiliki dimensi lebih kecil sehingga lebih nyaman digunakan pada jalanan perkotaan.

Selain itu, mobil sedan juga memakan ruang lebih banyak pada garasi rumah, sehingga pemilih harus menyiapkan lahan lebih besar. Dampaknya ini akan memengaruhi tata letak rumah.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2204 seconds (0.1#10.140)