Ini Barisan Mobil Listrik yang Bakal Mejeng di GIIAS 2023

Minggu, 23 Juli 2023 - 20:28 WIB
loading...
Ini Barisan Mobil Listrik yang Bakal Mejeng di GIIAS 2023
Daftar Mobil Listrik yang Bakal Mejeng di GIIAS 2023. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show ( GIIAS ) 2023 akan menampilkan lebih banyak mobil listrik. Bahkan, ada beberapa brand yang akan membawa lini elektrifikasi terbaru mereka untuk diperkenalkan pada konsumen Indonesia.



Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menjelaskan gelaran GIIAS 2023 akan berbeda, karena pesertanya terbanyak dalam delapan tahun terakhir. Selain itu, ini juga akan dimeriahkan dengan beberapa model baru dan dua peluncuran berstatus world premiere.

“GIIAS 2023 kali ini akan tampil berbeda dan lebih menarik, karena akan ada beberapa model mobil listrik yang hadir. Dan juga, ada dua model dengan status world premiere,” kata Nangoi di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo akan menjadi ajang acuan teknologi otomotif bagi masyarakat dan pecinta otomotif Indonesia. Untuk itu, ada beragam teknologi baru yang akan diperkenalkan.

“GIIAS tidak pernah absen menjadi ajang perkenalan industri otomotif, tahun ini pun puluhan inovasi, teknologi kendaraan terbaru termasuk juga dari kendaraan berbasis listrik, hingga kendaraan world premiere akan diluncurkan di GlIAS 2023,” ujar Rizwan.

Setidaknya, ada 7 merek yang akan memboyong mobil listrik mereka ke ajang GIIAS 2023, pada 10-20 Agustus mendatang, di ICE BSD City, Tangerang.

1. Chery Omoda BEV

PT Chery Sales Indonesia (CSI) memastikan bakal membawa tiga SUV baru, di mana salah satunya berteknologi listrik sepenuhnya.

“Untuk BEV, akan hadir pertama kali di Indonesia. Namun masih menjadi produk prototipe. Kemudian untuk dua lainnya, bisa dilihat nanti saat acara GIIAS 2023,” kata Rifkie Setiawan selaku Head of Marketing PT Chery Sales Indonesia.

2. Seres E1

Mobil listrik kompak ini sudah diluncurkan pada ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023, yang digelar Mei lalu. Namun, belum ada kepastian mengenai berapa harga Seres E1, meski keran pemesanan telah dibuka.

Pada GIIAS 2023, selain memamerkan lagi mobil listrik penantang Wuling Air ev ini, DFSK memastikan bakal mengumumkan harga resmi Seres E1.

3. MG

Morris Garage (MG) semakin serius dalam persaingan ketat industri otomotif Indonesia dengan meluncurkan model anyar pada GIIAS 2023. Setelah sukses dengan MG4 EV, kali ini mereka akan kembali memperkenalkan lini elektrifikasi sebagai pilihan bagi konsumen Tanag Air.

“Pada GIIAS 2023, MG berencana untuk meluncurkan kendaraan listrik terbaru untuk masyarakat Indonesia,” kata Arief Syarifuddin selaku Marketing & PR Director MG Motor Indonesia.

Namun, belum diketahui model apa yang akan diluncurkan pada ajang GIIAS 2023. Namun, kabarnya mobil listrik itu adalah MG ZS EV. Mobil ini dibekali baterai berkapasitas 50,3 kWh, yang dapat menempuh jarak hingga 400 kilometer.

4. Neta

Sebagai pendatang baru, Neta memberanikan diri untuk tampil di ajang GIIAS 2023. Neta akan menampilkan lima hingga enam produk yang dipastikan seluruhnya adalah mobil listrik berbasis baterai.

“Sebagai pendatang baru di Indonesia, Neta akan ikut memeriahkan GIIAS 2023. Kemudian, akan ada lima hingga enam produk yang akan kita pamerkan. Kami juga siapkan dua sampai tiga mobil yang bisa di uji coba,” ucap Yusuf Anshori, Brand and Marketing Director Neta.

Sebelumnya, salah satu model mobil listrik Neta digadang-gadang bakal di-rebadge oleh Esemka. Namun, produsen asal China itu akhirnya masuk ke Indonesia untuk memasarkan produknya dengan namanya sendiri.

5. Volvo

Volvo yang kembali masuk Indonesia memastikan bakal membawa seluruh lini produk elektrifikasinya di GIIAS 2023. Pada kesempatan ini, Volvo akan menghadirkan lima kendaraan elektrifikasi, meliputi hybrid dan elektrik murni.

“Volvo akhirnya dengan bangga mengumumkan secara resmi peluncuran merek dari Volvo Cars Indonesia, dan masuk kembali ke pasar Indonesia melalui GIIAS 2023,” kata PR & Marketing Manager Volvo Cars Indonesia, Ratih Perdanakusuma dalam Press Conference GIIAS 2023 beberapa waktu lalu.

6. Mercedes-Benz

Mercedes-Benz akhirnya kembali meramaikan GIIAS 2023 setelah absen dalam beberapa edisi. Produsen asal Jerman itu mengonfirmasi akan meluncurkan produk terbaru berbasis elektrik pada salah satu perhelatan otomotif terbesar di Indonesia itu.

“EQS SUV kita launching, ini bukan model GLB yang dijadikan listrik tapi pure dari zero scratch. Ada satu model lagi yakni EQS Edition One, dengan desain sedikit facelift dan jumlahnya terbatas,” ujar Alfine Alfansha, Departmement Manager & Public Relations PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI).

Diyakini, produsen asal Jerman itu akan membawa EQS450 dan EQS 580 yang memiliki daya tempuh hingga lebih dari 580 kilometer. Ini merupakan mobil listrik SV pertama dalam keluarga elektrifikasi EQ Mercedes-Benz.

7. Ora

Mejeng di GIIAS 2023 di bawah naungan Great Wall Motors, Ora Funky Cat diyakini bakal dipamerkan dalam ajang otomotif terbesar di Indonesia itu. Mobil listrik ini memiliki tampilan yang klasik, sangat berbeda dengan yang lainnya di segmen yang sama.

Sekadar informasi, Ora Funky Cat sudah mengaspal di Thailand dan Malaysia. Tapi, kelemahannya adalah harganya yang cukup tinggi. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi Ora untuk menyesuaikan lagi apabila ingin ikut bersaing dalam industri mobil listrik di Indonesia.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1826 seconds (0.1#10.140)