4 Jenis Bus Pariwisata dari yang Terkecil Hingga Terbesar

Jum'at, 28 Juli 2023 - 20:52 WIB
loading...
4 Jenis Bus Pariwisata dari yang Terkecil Hingga Terbesar
4 Jenis Bus Pariwisata . FOTO/ CARSCOOPS
A A A
JAKARTA - Membahas jenis-jenis bus berdasarkan kapasitas penumpangnya adalah hal yang menarik untuk diketahui.



Hal ini tentunya dapat dijadikan informasi ketika akan melakukan liburan dengan moda transportasi tersebut.

Bus pariwisata merupakan jenis layanan bus yang digunakan untuk keperluan yang tidak dalam trayek, seperti antarkota atau antarprovinsi.

Bus pariwisata memiliki beberapa fasilitas yang berbeda dengan bus biasa, seperti lebih luas, lebih nyaman, serta dilengkapi dengan fasilitas hiburan seperti televisi, DVD player, sound system, dan AC yang dingin.

Bus pariwisata juga bisa dibedakan menjadi beberapa tipe dan jenis menurut kapasitas dan fungsinya. Berikut beberapa jenis bus pariwisata berdasarkan kapasitasnya.

4 Jenis Bus Pariwisata Berdasarkan Kapasitas Penumpangnya

1. Mini Bus


Mini bus merupakan salah satu jenis bus yang berukuran lebih kecil dari bus besar. Mini bus biasanya memiliki kapasitas penumpang antara 8 hingga 19 orang, tergantung dari model dan tipe bodinya.

Mini bus bisa menjadi solusi yang tepat jika ingin memboyong keluarga besar. Namun, jika akan bepergian dalam jarak jauh dan membawa penumpang banyak, alangkah baiknya gunakan bus yang lebih besar.

2. Medium Bus


Medium bus adalah jenis bus yang memiliki ukuran sedang, antara minibus dan big bus. Biasanya, medium bus memiliki kapasitas penumpang antara 25 hingga 31 seat, dan panjang sekitar 7,5 meter.

Medium bus sering digunakan untuk keperluan pariwisata, antar kota, atau acara-acara tertentu. Bus yang satu ini biasa digunakan untuk anak-anak yang ingin studi tour atau berlibur bersama teman-teman sekolahnya.

3. Junior Bus


Selanjutnya ada junior bus. Jenis bus pariwisata ini masuk ke dalam kelas menengah yang memiliki kapasitas maksimal 39 kursi dan ukuran bodi yang lebih panjang dari Medium Bus. Junior Bus biasanya digunakan untuk perjalanan wisata lokal, perjalanan sekolah, atau kunjungan perusahaan.

Tata letak kursi Junior Bus adalah 2-2, yaitu dua baris di sebelah kanan dan dua baris di sebelah kiri. Junior Bus merupakan terobosan terbaru saat ini yang menjadi upgrade dari Medium Bus.

4. Big Bus


Terakhir ada big bus. Jenis bus yang satu ini merupakan bus pariwisata yang berukuran dan berkapasitas besar dan banyak digunakan untuk kebutuhan pariwisata.

Menurut tatanan kursinya, big bus sendiri memiliki dua tatanan kursi, yaitu:

- Big Bus Seat 2-2 dengan kapasitas tempat duduk maksimal 48 hingga 50 kursi. Jika kursi ditata menjadi 50 seat, biasanya fungsi pintu belakang dimatikan lantaran posisi kursi berada di area tangga pintu belakang.

- Big Bus Seat 2-3 memiliki kapasitas tempat duduk mencapai 59 kursi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1283 seconds (0.1#10.140)