Kapal Kargo yang Terbakar di Laut Utara Membawa 498 Mobil Listrik

Sabtu, 29 Juli 2023 - 08:34 WIB
loading...
Kapal Kargo yang Terbakar di Laut Utara Membawa 498 Mobil Listrik
Kapal kargo pengangkut mobil Freemantle Highway yang terbakar di Laut Utara ternyata membawa 3.500 kendaraan baru dan 489 unit di antaranya merupakan mobil listrik. Foto/Electrek/Dutch Coast Guard
A A A
DEN HAAG - Kapal kargo pengangkut mobil Freemantle Highway yang terbakar di Laut Utara ternyata membawa 3.500 kendaraan baru dan 489 unit di antaranya merupakan mobil listrik . Kapal kargo ini terbakar di lepas pantai Denmark sekitar 27 km (17 mil) sebelah utara pulau Ameland Belanda.

Ketika terbakar kapal kargo Fremantle Highway sedang berlayar dari pelabuhan Jerman Bremerhaven ke Port Said di Mesir. Lokasinya dekat dengan rantai pulau-pulau Belanda dan Jerman di Laut Wadden yang dangkal, sebuah kawasan yang terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO.

Penyebab kobaran api masih belum diketahui secara pasti dan bagaimana kronologis penyebab kematian seorang kru kapal. Informasi pertama yang disampaikan penjaga pantai Belanda pada Kamis 27 Juli 2023 menyebutkan kapal membawa 3.000 kendaraan dan 25 unit di antaranya mobil listrik.



Perusahaan yang mengoperasikan kapal kargo, K Line, dikutip oleh kantor berita Reuters pada Jumat 28 Juli 2023 mengatakan hampir 500 kendaraan listrik yang diangkut kapal kargo mobil Freemantle Highway. CBS News tidak dapat menghubungi siapa pun di kantor K Line di London atau Belanda pada untuk mengonfirmasi tentang kapal yang terbakat tersebut.

Menurut juru bicara K Line di Tokyo yang dikutip Reuters, ada 3.783 kendaraan di Freemantle Highway, termasuk 498 mobil listrik. Juru bicara itu tidak memberikan informasi apa pun kepada Reuters tentang merek kendaraan di kapal tersebut.
Kapal Kargo yang Terbakar di Laut Utara Membawa 498 Mobil Listrik


Seorang juru bicara sewa kapal mengatakan kepada Automotive News bahwa catatan mereka menunjukkan total 3.783 kendaraan di atas kapal, sekitar seribu lebih banyak dari yang dilaporkan pertama kali, termasuk 498 kendaraan baterai-listrik. Merek tertentu tidak disebutkan tetapi informasi yang sudah beredar setidaknya ada 10% merupakan unit Mercedes-Benz.

Namun, masih belum jelas berapa banyak, jika ada, kendaraan listrik dari Mercedes-Benz. BMW juga memberi tahu beberapa outlet bahwa ada beberapa kendaraan yang dibawa kapal Fremantle Highway.



Pembaca yang cerdik tahu bahwa kebakaran yang melibatkan baterai lithium-ion terkenal sulit dipadamkan. Bahkan, seringkali terbakar dengan intensitas yang ganas melebihi api yang dipicu oleh bahan tradisional.

Penjaga pantai sedang bekerja untuk menyelamatkan kapal agar tidak tenggelam di dekat habitat penting bagi burung yang bermigrasi. Perahu dan helikopter digunakan untuk membantu 23 awak kapal setelah mereka gagal memadamkan api.

Beberapa anggota awak kapal melompat dari geladak ke laut dan dijemput menggunakan sekoci. Beberapa awak yang menderita patah tulang, luka bakar, dan masalah pernapasan, dibawa ke rumah sakit di Belanda utara.

“Saat ini ada banyak kapal di lokasi untuk memantau situasi dan bagaimana mengendalikan api," kata juru bicara penjaga pantai Lea Versteeg melalui telepon. Ditanya apakah mungkin kapal akan tenggelam, Versteeg menjawab, “Ini adalah skenario yang kami perhitungkan dan kami sedang mempersiapkan semua skenario.”
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)