Mengenal Fungsi dan Cara Merawat Evaporator AC Mobil, Pemilik Kendaraan Wajib Tahu!

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 15:29 WIB
loading...
Mengenal Fungsi dan Cara Merawat Evaporator AC Mobil, Pemilik Kendaraan Wajib Tahu!
Evaporator AC mobil sering bermasalah karena kurangnya perawatan. (Foto: Hyundai)
A A A
JAKARTA - Mengenal fungsi dan cara merawat evaporator AC mobil sangat penting bagi para pemilik kendaraan. Sebab, fungsi komponen satu ini sangat vital. Tak hanya berkaitan dengan berfungsinya sistem pendingin udara di kabin secara optimal, tapi juga kesehatan.

Sirkulasi udara yang baik tentu akan membuat pengemudi dan penumpang nyaman, sehingga keselamatan dan kesehatan saat berkendara terjaga. Apalagi cuaca panas yang belakangan melanda tanah air membuat kinerja AC mobil semakin vital.

Suzuki melalui website resminya, Jumat (4/8/2023), menjabarkan detail fungsi dan cara merawat evaporator AC mobil. Disebutkan, fungsi evaporator AC mobil adalah menyerap udara panas yang ada di dalam kendaraan untuk kemudian dihembuskan menjadi udara dingin.

Selain itu, juga ada fungsi lain evaporator AC mobil. Yaitu memastikan kinerja AC maksimal, dengan mengeluarkan hawa sejuk. Jika udara yang keluar tidak dingin, maka dapat dipastikan evaporator AC mobil tidak berfungsi normal.



Selanjutnya, evaporator AC mobil juga berfungsi mengubah freon yang ditampungnya menjadi udara dingin dalam bentuk uap.
Fungsi lain dari evaporator AC mobil yang tak kalah penting adalah menyalurkan sirkulasi udara. Termasuk memfilter udara kotor menjadi bersih.

Evaporator yang kotor akan mengganggu proses penyaluran panas dari udara, sehingga aliran sirkulasi terganggu. Alhasil, sistem pendingin jadi tidak optimal dan membuat kabin mobil panas, kotor dan bau.

Cara Merawat Evaporator AC Mobil

Untuk memastikan evaporator AC mobil berfungsi optimal, pemilik kendaraan harus rajin melakukan perawatan. Setidaknya, setiap pemakaian 20.000 Kilometer saatnya evaporator mobil dicek dan dilakukan perawatan. Lantas bagaimana cara merawat evaporator mobil?

1.Gunakan Cairan Pembersih
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)