4 Akibat Buruk yang Terjadi Jika Jarang Servis AC Mobil, Jangan Anggap Remeh

Selasa, 31 Januari 2023 - 19:54 WIB
loading...
4 Akibat Buruk yang Terjadi Jika Jarang Servis AC Mobil, Jangan Anggap Remeh
AC Mobil merupakan salah satu fitur yang kerap digunakan terlebih bila cuaca tengah panas terik. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - AC Mobil merupakan salah satu fitur yang kerap digunakan terlebih bila cuaca tengah panas terik. Sebagai salah satu komponen mobil yang kerap digunakan tentu diperlukan pengecekan dan service secara rutin.

Terkadang pengendara kerap menyepelekan kondisi AC Mobil ini, sehingga kebanyakan dari mereka akan menunggu hingga AC tersebut rusak dan barulah masalah ditangani.

Sebaiknya AC Mobil mulai diperiksa atau service ketika sudah tidak mulai dingin. Dengan rajin memeriksa kondisi AC ini tentunya dapat terhindar dari beberapa akibat buruk.

Baca juga : Begini Cara Merawat Kondensor AC Mobil

Berikut ini adalah resiko bila AC Mobil jarang di service.

1. AC Mobil cepat rusak

Komponan AC Mobil yang mudah kotor adalah filter, apabila ini didiamkan dalam waktu lama maka sirkulasi udara akan terganggu, ini juga berlaku untuk evaporator.

Bila kondisi filter didiamkan kotor maka evaporator akan berkarat dan menyebabkan kerusakan bila sering terkena debu dan air.

2. Dapat menimbulkan penyakit Legionnaries

Menurut laman Mayo Clinic, penyakit ini merupakan radang paru paru yang disebabkan oleh bakteri yang dikenal dengan legionella. Kebanyakan orang yang menderita penyakit ini adalah mereka yang kebanyakan menghirup bakteri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)