Begini Cara Menghindari Kecelakaan Ketika Menggunakan Sepeda Listrik

Rabu, 09 Agustus 2023 - 09:05 WIB
loading...
Begini Cara Menghindari Kecelakaan Ketika Menggunakan Sepeda Listrik
Menggunakan sepeda listrik harus waspada agar tidak terjadi kecelakaan. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Sepeda listrik menjadi topik hangat dalam beberapa hari terakhir setelah seorang bocah meninggal dunia akibat tertabrak mobil pikap. Bahkan, kasus tersebut menjadi perhatian kepolisian secara serius, hingga ada wacana untuk membuat jalur khusus.

Wajar, saat ini populasi sepeda listrik memang semakin banyak. Tidak hanya di perkotaan, tapi juga ke pedesaan. Sepeda yang ditenagai oleh motor listrik ini disukai karena praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Pun, harganya sangat terjangkau dibandingkan dengan motor biasa. Pengguna juga tidak perlu servis rutin/berkala, serta tidak perlu membayar pajak tahunan.

Sayangnya, tidak hanya orang dewasa, banyak anak kecil yang belum cukup umur ikut menggunakan kendaraan roda dua itu. Bahkan, mereka menggunakannya hingga ke jalan raya yang sangat membahayakan keselamatannya.

Padahal, sepeda listrik hanya boleh dipakai di area terbatas, seperti komplek pemukiman. Meski sudah ada himbauan dari pihak kepolisian, namun masih banyak yang memakainya di jalan raya. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan, pengemudi harus mempelajari tips yang dibagikan Auto2000 berikut ini saat menemui sepeda listrik di jalan demi keamanan bersama.

1. Waspada keberadaan sepeda listrik

Berbeda dengan motor listrik, basis sepeda listrik adalah sepeda kayuh yang dipasang motor listrik sebagai tenaga penggerak. Banyak sepeda listrik yang tidak dilengkapi perlengkapan berkendara di jalan, seperti lampu depan, lampu rem, dan lampu sein. Keberadaan motor penggerak membuat sepeda listrik dapat melaju kencang dengan akselerasi yang kuat dan tanpa suara. Masalah lainnya, sepeda yang kecil membuat pengemudi mobil tidak dapat melihatnya dengan jelas.

2. Kurangi kecepatan kendaraan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah segera kurangi kecepatan mobil. Jangan lupa atur jarak aman supaya dapat memantau dan mengantisipasi segala kemungkinan, seperti sepeda listrik tiba-tiba pindah lajur atau pengendaranya terjatuh karena bercanda dengan temannya.

3. Perhatikan manuver sepeda listrik

Jaga kewaspadaan, karena manuver sepeda listrik kerap tidak terduga, ditambah tidak ada lampu sebagai isyarat pergerakannya. Kalau keadaan aman, silakan mendahuluinya dengan terlebih dahulu membunyikan klakson supaya mereka memperhatikan mobil yang akan melintas.

4. Lihat posisi sepeda listrik

Pastikan sepeda listrik tidak masuk ke dalam area blind spot mobil. Kondisi ini mungkin terjadi karena sepeda dan penggunanya sama-sama kecil. Oleh sebab itu, begitu melihat sepeda listrik, pastikan mereka tidak lepas dari pandangan dengan tetap menjaga visibilitas ke depan.

5. Hindari gerakan tiba-tiba

Ini akan membuat pengendara kehilangan kendali dan panik. Jangan pula memprovokasi, terutama kalau yang membawa sepeda listrik adalah anak-anak. Cukup jaga jarak aman dan perhatikan manuvernya, segera lewati untuk mencegah masalah lebih jauh.


6. Jaga Performa Pengereman

Pastikan menjaga kondisi mobil supaya dapat mengantisipasi segala kemungkinan saat bertemu sepeda listrik. Seperti, merawat rem mobil supaya dapat berhenti dengan baik. “Demi keamanan di jalan, lebih baik hati-hati saat sedang berkendara dan bertemu sepeda listrik khususnya kalau dikendarai oleh anak kecil,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 dalam keteranganresmi.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2285 seconds (0.1#10.140)