Lotus Siap Luncurkan Sedan Listrik Emeya pada 7 September

Rabu, 30 Agustus 2023 - 21:07 WIB
loading...
Lotus Siap Luncurkan Sedan Listrik Emeya pada 7 September
Lotus, pabrikan asal Inggris, merilis video teaser yang menggambarkan mobil model empat pintu ramping yang diberi nama Emeya pada Selasa 29 Agustus 2023 malam. Foto/Motor Authority
A A A
LONDON - Lotus , pabrikan asal Inggris, merilis video teaser yang menggambarkan mobil model empat pintu ramping yang diberi nama Emeya pada Selasa 29 Agustus 2023 malam. Dengan nama kode Type 133 dan sebelumnya dikabarkan disebut Envya, Emeya akan memulai debutnya pada 7 September sebagai sedan bertenaga baterai.

Emeya akan bergabung dengan SUV ukuran menengah Eletre dan crossover kompak dengan nama kode Type 134 dalam keluarga kendaraan listrik mainstream Lotus yang sedang berkembang. Bagi Lotus ini merupakan sedan pertama yang diluncurkan sejak Carlton pada awal 1990-an.

Dikutip dari laman motorauthority, Rabu (30/8/2023), video teaser tersebut mengisyaratkan sebuah sedan dengan bentuk yang mirip dengan Tesla Model S dan gaya yang diambil dari Eletre. Di bagian depan terdapat lampu DRL dua elemen, sedangkan di bagian belakang terdapat strip lampu yang mirip dengan Eletre.



Spy shot dari prototipe juga mengungkapkan bahwa Emeya akan mendapatkan jendela aktif segitiga Eletre yang terletak di intake tengah fasia depan. Emeya juga akan menggunakan kamera sebagai pengganti kaca spion tradisional, meskipun opsi ini mungkin tidak tersedia di AS.

“Meskipun Lotus telah mengonfirmasi Eletre akan dijual di AS pada tahun 2024, pembuat mobil tersebut belum menyebutkan ketersediaan EV lain di pasar ini. Jika diberi lampu hijau untuk peluncuran di AS, Emeya kemungkinan juga akan tiba pada tahun 2024,” tulis motorauthority.
Lotus Siap Luncurkan Sedan Listrik Emeya pada 7 September


Yang mendasari Emeya kemungkinan adalah platform EV khusus Arsitektur Premium Listrik yang sama dengan yang digunakan untuk Eletre. Pada SUV tersebut, platform tersebut dipadukan dengan tenaga hingga 905 hp dan kapasitas baterai 112 kwh.

Mobil ini mendukung penggerak semua roda motor ganda, suspensi udara, dan pengisian daya pada 350 kw. Emeya bakal menjadi pesaing potensial termasuk Audi E-Tron GT, Porsche Taycan, Lucid Air, dan versi kelas atas dari Tesla Model S.



Selain Emeya, Lotus akan meluncurkan crossover kompak Tipe 134 sekitar tahun 2025. Sebuah mobil sport baru dengan kode nama Type 135 kemudian akan diluncurkan sekitar tahun 2026. Semua model mobil masa depan akan menjadi kendaraan listrik karena Lotus telah mengonfirmasi mobil sport Emira saat ini adalah mobil terakhir menggunakan mesin bbm.

Merek Zhejiang Geely, Polestar, juga sedang mengerjakan model serupa untuk diluncurkan tahun depan, yang dijuluki Polestar 5. Pengembangan sedan, bersama dengan Eletre dan crossover kompak yang akan datang, ditangani oleh Lotus Technology, divisi yang bertanggung jawab atas model mobil non-sport di Lotus.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2358 seconds (0.1#10.140)