6 Fakta Iran Khodro, Produsen Mobil Nasional Iran yang Punya Banyak Produk Keren

Senin, 04 September 2023 - 15:42 WIB
loading...
6 Fakta Iran Khodro, Produsen Mobil Nasional Iran yang Punya Banyak Produk Keren
Iran Khodro menjadi produsen nasional Iran yang memiliki beragam produk yang tak kalah dengan mobil Eropa. Foto: Iran Khodro
A A A
IRAN - Mendengar nama Iran Khodro , sebagian orang mungkin masih asing. Perusahaan tersebut adalah produsen otomotif Iran yang berkantor pusat di Teheran.
Pada riwayatnya, Iran Khodro diketahui menjadi perintis sejarah industri otomotif di negara tersebut. Perusahaan ini telah jauh berdiri sekitar 1960-an.

Lantas, seperti apakah sejarah dari Iran Khodro sampai bisa menjadi perusahaan otomotif yang dikenal dunia? Untuk mengetahui lebih jauh, berikut sejumlah faktanya yang bisa disimak:

Fakta Iran Khodro

1. Hadir Pada 1962

Sejarah perusahaan bermula sejak pendirian Iran Khodro Company (IKCO) oleh Khayami Brothers pada Agustus 1962. Mengutip laman resminya, awalnya perusahaan menjadi produsen bus Long Platform (LP) yang mengimpor sasis dari Jerman.

Seiring waktu, mulai muncul permintaan masyarakat Iran akan produk mobil. Setelahnya, dilakukan pembicaraan antara para pendiri dengan produsen mobil Rootes guna mendapatkan sertifikat produksi untuk perakitan model Hunter Hillman.

2. Mobil Pertama Paykan
6 Fakta Iran Khodro, Produsen Mobil Nasional Iran yang Punya Banyak Produk Keren

Pasca menandatangani kerja sama dengan Rootes, Iran Khodor mulai membuat sebuah sedan bernama ‘Paykan’. Seiring waktu, mobil tersebut diproduksi dengan berbagai model berbeda. Paykan dirakit dalam berbagai model seperti basic, deluxe, sport, pikap, dan lainnya. Tak hanya Paykan, perusahaan juga memproduksi jenis kendaraan lainnya.

3. Melebarkan Sayap Bisnis

Pada 1991, Iran Khodro mulai melebarkan sayap bisnisnya. Dalam hal ini, mereka mulai memproduksi suku cadang mobil dan perangkat teknik untuk produk mobilnya seperti Paykan.

Pada tujuan tersebut, dibentuklah kelompok teknik khusus untuk mendukung produksi suku cadang mobil. Awalnya, produksi hanya dilakukan untuk suku cadang mobil yang sederhana. Barulah setelahnya secara perlahan beralih ke suku cadang yang lebih canggih.

4. Mobil Baru Bernama Samand

Pada tahun 1996, terjadi perubahan manajemen dan dewan direksi Iran Khodro. Setelahnya, ditetapkan tujuan baru untuk memproduksi kendaraan baru di dalam negeri.

Pada kendaraan barunya, perusahaan menyusun rancangan dengan mengembangkan bagian interior dan eksterior. Akhirnya, langkah ini berlanjut dengan kemunculan Samand.

Samand menjadi mobil nasional pertama yang memperoleh hak kekayaan intelektual. Namun, pada awal produksinya masih bergantung pada suku cadang dan konsultasi lebih lanjut kepada perusahaan asing.


5. Terus Berkembang Mengikuti Kemajuan Zaman
6 Fakta Iran Khodro, Produsen Mobil Nasional Iran yang Punya Banyak Produk Keren

Iran Khodro tak hanya berfokus pada produksi kendaraannya saja. Dalam hal ini, mereka juga mengambil langkah lain dengan mengembangkan suku cadang mobil serta rangkaian sub-sistem teknis yang lebih canggih.

Pada 2006, Iran Khodro berhasil merancang sebuah mesin produksi dalam negeri. Melalui konsultasi dengan FEV Jerman, mereka menamainya dengan EF7.

Keberadaan mesin dalam negeri ini memulai swasembada di bidang produksi nasional. Bersama teknologi mutakhir, mereka menghadirkannya dalam varian bensin hingga Bi-fuels.


6. Produk Populer Iran Khodro
6 Fakta Iran Khodro, Produsen Mobil Nasional Iran yang Punya Banyak Produk Keren

Pada riwayatnya, Iran Khodro telah memproduksi banyak mobil dan kendaraan lain. Salah satu di antaranya yang cukup populer adalah model Dena. Berbekal mesin 4 silinder, 16 katup DOHC, 1.6 liter atau 1.8 liter, mobil ini bisa menyemburkan tenaga hingga 105 horsepower pada 5.800 rpm dengan torsi 145 Nm pada 4.000 rpm.

Selain model Dena, masih banyak produksi Iran Khodro yang populer. Sebut saja seperti model Peugeot 405, Samand, dan lainnya. Tak hanya itu, pada perkembangannya mereka juga mulai mengembangkan mobil listrik. Itulah sejumlah fakta terkait Iran Khodro, produsen mobil nasional Iran yang memiliki banyak kendaraan keren dan canggih.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3192 seconds (0.1#10.140)