Ridwan Kamil Punya Honda BeAT, Pakai Rangka Tubular atau eSAF Ya?

Jum'at, 08 September 2023 - 09:13 WIB
loading...
Ridwan Kamil Punya Honda BeAT, Pakai Rangka Tubular atau eSAF Ya?
Ternyata mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memilki Honda BeAT di garasinya menurut laporan LHKPN. Foto: Sindonews/AHM
A A A
JAKARTA - Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil , diisukan bakal jadi cawapres (calon wakil presiden) Ganjar Pranowo atau Prabowo. Yang unik, dalam laporan LHKPN, Kang Emil—sapaan akrabnya—memiliki Honda BeAT yang terparkir dalam garasinya.

Seperti diketahui, Ridwan Kamil juga orang yang gemar otomotif. Ini dilihat dari sejumlah kendaraan yang kerap dipamerkannya. Salah satunya, ada motor ‘sejuta umat’, yakni Honda BeAT.

Hal tersebut terlihat dalam laman Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), di mana ada 5 alat transportasi yang didaftarkan oleh Ridwan Kamil. Skuter matik itu memiliki status hasil sendiri atau dibeli secara pribadi.

Honda BeAT kepunyaan Ridwan Kamil merupakan lansiran 2018, dan memiliki nilai jual Rp8,7 juta. Artinya, skutik tersebut masih menggunakan rangka tubular belum eSAF (enhanced Smart Architechture Frame) yang saat ini sedang ramai dibicarakan.

Rangka eSAF yang merupakan pengembangan terbaru dari PT Astra Honda Motor (AHM) itu dituding mudah berkarat dan keropos. Bahkan, banyak beredar di media sosial skutik BeAT patah pada sambungan tepat di bawah dek atau pijakan kaki.

Pertama kali rangka eSAF diperkenalkan pada 2019 lalu, yang digunakan pada Honda Genio model terbaru. Lalu, itu menjadi platform bersama untuk BeAT, BeAT Street, dan Scoopy pada 2020, serta Vario 160 pada 2022.

Untuk Honda BeAT lansiran 2018 milik Ridwan Kamil, merupakan pembaruan atau facelift dari All New Honda BeAT yang dirilis pada 2016 silam. Namun dari segi dapur pacu masih sama dengan versi sebelumnya.

Skutik kompak ini dibekali mesin 1 silinder berkapasitas 108 cc PGM Fi, SOHC, berpendingin udara (air cooled). Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 6,38 kW (8,56 hp) pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9,01 Nm pada 6.500 rpm.

Untuk sasisnya, Honda BeAT lansiran 2018 dibekali rangka tulang punggung atau tubular dengan besi pipa. Kaki-kakinya menggunakan suspensi teleskopik di depan, dan lengan ayun dengan peredam kejut tunggal di belakang.



Bannya menggunakan tubeless ukuran 80/90 ring 14 di depan, dan 90/90 ring 14 di belakang. Sementara pengeremannya menggunakan cakram pada roda depan dan tromol di roda belakang.

Terdapat juga fitur Idling Stop System (ISS) dan Combi Brake System (CBS) pada varian tertinggi. Sedangkan untuk kapasitas tangki bahan bakarnya dapat menampung 4 liter bensin.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3202 seconds (0.1#10.140)