Bikin Harga Mobil Listrik Jadi Murah, Hyundai Akan Gunakan Baterai Buatan Indonesia

Minggu, 10 September 2023 - 11:28 WIB
loading...
Bikin Harga Mobil Listrik Jadi Murah, Hyundai Akan Gunakan Baterai Buatan Indonesia
Hyundai Akan Gunakan Baterai Buatan Indonesia. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Baterai merupakan komponen utama pada mobil listrik sebagai sumber daya seperti bahan bakar minyak pada mesin konvensional. Setiap produsen berlomba untuk membuat baterai sendiri demi memangkas ongkos produksi.



Langkah ini dilakukan oleh Hyundai Motor Group dengan membangun fasilitas perakitan baterai. Produsen asal Korea Selatan itu bekerja sama dengan LG Energy Solution dan Indonesia Battery Corporation (IBC).

Direktur Utama IBC Toto Nugroho mengatakan kerja sama ini sangat penting untuk ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Pasalnya, pemerintah telah menargetkan Indonesia menjadi penguasa kendaraan listrik dunia, khususnya dalam hal baterai.

“Kita kerja sama dengan produsen terbesar dunia, satu dari China satu dari Korea Selatan. Kita kembangkan sisi pertambangan smeltering sampai pembuatan sel baterai, bahkan pendaur ulangan baterai. Karena kita harus bisa daur ulang baterai,” kata Toto dalam acara Indonesia Sustainability Forum, di Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Toto mengungkapkan bahwa baterai yang diproduksi hasil kerja sama Hyundai dan LG akan diluncurkan pada pertengahan tahun depan. Ia juga menyampaikan nilai investasi yang ditanamkan untuk membuat baterai di Indonesia sangat besar.

“Ini penting dan strategis bagi negara karena kita melakukan industri dari hulu ke hilir. Produksi (baterai) dari Hyundai dan LG ini akan diluncurkan pertengahan tahun depan, karena ini inestasi sangat besar dari luar negri untuk baterai indonesia,” ujarnya.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto mengungkapkan bahwa peracikan baterai butuh investasi besar. Namun, itu akan terbayar dengan hasil yang akan dituai di masa mendatang.

“Kita ingin juga melakukan kolaborasi dengan suplier dari baterai bersama LG dan IBC. Jadi saya kira total investasi sudah dijelaskan pak Toto. Tapi, sebenarnya investasi total adalah sekitar 3 juta USD (Rp46 miliaran),” kata Frans.

Hyundai Motor Group bersama anak perusahaannya, Hyundai Energy Indonesia (HEI), mendirikan battery system di Cikarang, Jawa Barat. Ini guna memastikan pasokan baterai kendaraan listrik yang stabil.

Baterai buatan lokal tersebut akan dipasok ke model-model kendaraan listrik di dalam negeri, hingga di ekspor untuk pasar Asia Tenggara pada tahun depan. Komponen tersebut nantinya akan dioptimalkan untuk sel kapasitas standar dan kapasitas besar.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3290 seconds (0.1#10.140)