7 Kekurangan Motor Listrik yang Perlu Diketahui, Mayoritas Masalah Daya

Kamis, 21 September 2023 - 17:43 WIB
loading...
A A A
Misalnya, daya maksimal pada motor listrik tertulis 150 kilogram. Artinya, Anda tidak dianjurkan untuk mencapai atau bahkan melebihi batas tersebut. Setidaknya, beban maksimal yang layak untuk motor ini hanyalah 120 kilogram atau lebih sedikit.

3. Bengkel Resmi Masih Jarang


Karena statusnya masih relatif baru di Tanah Air, komponen pendukung dari penggunaan motor listrik juga belum banyak. Salah satunya yang bisa disebutkan adalah keberadaan bengkel resminya.

Meski terkesan sepele, hal ini bisa menjadi masalah pada kondisi tertentu. Misalnya, motor listrik tiba-tiba mengalami kendali di tengah jalan. Tentunya pengguna akan kesulitan mencari bengkelnya karena belum sebanyak bengkel biasa.

4. Tempat Pengisian Daya Terbatas


Tak hanya bengkel, tempat pengisian daya motor listrik juga masih terbatas. Padahal, daya baterai pada motor listrik menjadi aspek yang sangat penting.



Memang ada catatan terkait konsumsi dan kapasitas baterai, namun hal ini tetap saja membuat pengguna terkadang khawatir. Terlebih ketika bepergian dalam jarak yang lumayan jauh.

Karena bisa saja, ketika kendaraan kehabisan daya di tengah jalan, pengguna tidak selalu menemukan stasiun pengisian.

5. Pengisian Daya Relatif Lama


Kekurangan motor listrik berikutnya adalah pengisian daya yang relatif lama. Terlebih bagi kendaraan yang tidak memiliki konsep battery swap.

Sebagaimana diketahui, motor listrik membutuhkan waktu untuk mengisi dayanya. Hal ini sedikit berbeda dengan motor konvensional yang hanya perlu mengisi bensin dalam waktu sebentar.

6. Jarak Tempuh Terbatas


Batasan lain dari motor listrik adalah jarak tempuhnya. Bukan tanpa alasan, biasanya hal ini terjadi kapasitas baterainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2046 seconds (0.1#10.140)