Merawat Mobil setelah Road Trip, Lakukan 5 Langkah Ini!

Sabtu, 23 September 2023 - 12:05 WIB
loading...
Merawat Mobil setelah Road Trip, Lakukan 5 Langkah Ini!
Merwat mobil setelah perjalanan jauh atau road trip sangat penting dilakukan agar kondisi mobil tetap prima. Foto: HMID
A A A
JAKARTA - Merawat mobil setelah perjalanan jauh atau road trip penting dipahami. Ini penting untuk menjaga kondisi mobil agar tetap prima.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) yang baru saja menggelar “Wanderlust on Wheels: Unleash the X in You with STARGAZER X” dalam bentuk road trip Jakarta-Surabaya pada 18-21 September 2023 silam membagikan tips merawat mobil setelah perjalanan jauh. Nah, berikut detailnya:

1. Jaga Kebersihan Interior

Saat perjalanan jauh, seringkali kita makan dan minum di dalam mobil yang mungkin dapat mengotori atau meninggalkan bau di kabin kendaraan.
Karena itu, tidak ada salahnya bagi konsumen untuk membersihkan interior secara menyeluruh. Termasuk vakum kendaraan.

2. Cek Kondisi Oli

Saat melakukan road trip, mobil bisa menempuh perjalanan sejauh ribuan kilometer selama pulang-pergi. Jadi, ada baiknya konsumen mengecek kondisi oli setelah perjalanan dan menggantinya bila diperlukan.

3. Cek Kondisi Rem dan Ban
Merawat Mobil setelah Road Trip, Lakukan 5 Langkah Ini!

Rem dan ban dapat mengalami aus berlebih karena beban kerja yang lebih berat saat perjalanan jauh. Karena itu, sebaiknya konsumen mengecek kampas, rotor, maupun minyak rem dan melakukan penggantian bila diperlukan.

Cek juga tekanan ban dengan mengacu pada panduan di sela pintu pengemudi dan pastikan ban masih jauh dari Tread Wear Indicator (TWI) yang tersedia pada beberapa jenis ban.

4. Cek Keselarasan Kaki-kaki

Selama road trip, tak jarang kita menghadapi kondisi jalan yang kurang dan mengangkut beban berlebih. Ini membuat komponen kaki-kaki seperti shockbreaker bekerja ekstra sehingga bisa cepat aus.

Maka, konsumen perlu memastikan shockbreaker tidak mengalami kebocoran. Pastikan juga komponen kaki-kaki lain tidak menimbulkan suara berlebih.
Konsumen disarankan melakukan spooring and alignment agar roda dan kaki-kaki tetap aman dan nyaman untuk berkendara.


5. Merawat Eksterior Mobil

Cuci mobil menjadi perawatan berikutnya yang tak boleh luput oleh konsumen setelah road trip untuk menjaga tampilan eksterior. Bagi pemilik Stargazer X dengan warna matte, pastikan bilas sisa kotoran terlebih dulu dengan air sebelum mencuci. Hindari penggunaan sikat kasar saat cuci manual, memilih mode scratch & gloss saat cuci otomatis, serta melakukan cuci uap dan perawatan lilin. Tidak disarankan juga untuk memakai polish (wax), compound (abrasif), dan paint cleaner (pembersihcat).
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)