AS Siap Bikin Industri Otomotif dan Smartphone Asal China Menjerit

Minggu, 24 September 2023 - 11:21 WIB
loading...
AS Siap Bikin Industri Otomotif dan Smartphone Asal China Menjerit
Industri Otomotif dan Smartphone Asal China bakal dibuat menjerit oleh AS. FOTO/ SCMP
A A A
BEIJING - Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS) pada Jumat (22/9/2023) menuntaskan undang-undang pembatasan penggunaan chip semikonduktor.

BACA JUGA - Hyundai Akan Kembangkan Chip Semikonduktor Bikinan Sendiri

Hal itu dilakukan untuk mencegah subsidi manufaktur semikonduktor yang dimanfaatkan China dan negara-negara lain yang dianggap menimbulkan masalah keamanan nasional AS.

Peraturan tersebut adalah tantangan terakhir sebelum pemerintahan Biden dapat mulai mengalokasi subsidi 39 miliar dollar AS untuk produksi semikonduktor.

Undang-undang Chips and Science yang bersejarah tersebut mengalokasikan anggaran sebesar USD52,7 miliar untuk produksi semikonduktor, penelitian, dan pengembangan tenaga kerja di AS.

Peraturan tersebut, yang pertama kali diajukan pada Maret, menetapkan pagar pembatas dengan membatasi penerima dana AS untuk berinvestasi dalam perluasan manufaktur semikonduktor di negara-negara asing yang menjadi perhatian, seperti China dan Rusia.

Pada Oktober 2022, departemen tersebut mengeluarkan kontrol ekspor baru untuk memutus pasokan cip semikonduktor tertentu yang dibuat dengan peralatan AS dalam upaya memperlambat kemajuan teknologi dan militer Beijing.

“Kita harus benar-benar waspada bahwa tidak satu sen pun dari hal ini akan membantu China untuk lebih maju dari kita,” Menteri Perdagangan Gina Raimondo mengatakan kepada Kongres pada Selasa (19/9/2023) seperti dilansir dari Reuters.

Jika penerima dana melanggar pembatasan, Departemen Perdagangan dapat mengambil kembali dana federal yang diberikan.

Raimondo mengatakan kepada Kongres bahwa dia bekerja secepat mungkin agar hal itu disetujui.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2714 seconds (0.1#10.140)