Motor Chopper Replika Jokowi Masih Dijual, Harganya Rp140 Juta

Jum'at, 29 September 2023 - 13:10 WIB
loading...
Motor Chopper Replika Jokowi Masih Dijual, Harganya Rp140 Juta
Jokowi dan motor chopper buatan Elders Garage. Foto: InfoPresiden
A A A
JAKARTA - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dikenal sebagai pecinta otomotif. Jokowi mengoleksi beberapa kendaraan roda dua hasil modifikasi. Salah satunya, motor bergaya chopper garapan Elders Garage. Itu jadi motor kastem pertama milik orang nomor satu Indonesia itu.

Bagi yang menginginkan motor serupa, Elders Garage mengatakan motor dengan warna emas tersebut masih dijual. Namun, motor replika itu bukan hasil garapan mereka, melainkan diserahkan kepada rekan bengkel modifikator lainnya.

“Jadi kita udah enggak bikin lagi (replika motor Jokowi). Untuk membuat (motor kastem berbasis mesin bensin) baru lagi, kita udah nggak. Kita fokus untuk green energy. Konsumen masih banyak yang minta bikin motor kustom, tapi kemudian kita arahkan ke teman-teman (modifikator lain) yang masih ngerjain,” kata Heret Frasthio, CEO Elders Garage, kepada wartawan di Jakarta, Rabu (27/9).

Ketika masih melakukan modifikasi pada motor konvensional, Heret mengatakan Elders Garage sudah membuat beberapa motor replika Jokowi. Namun, motor garapannya ludes terjual meski dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

“Elders Garage sudah membuat replikasi motor modifikasi Jokowi secara terbatas, hanya 8 unit. Itu sudah terjual semua, satu-satunya yang ada di Elders ya satu doang itu yang kita pegang,” ujar Heret.

Sekadar informasi, Elders Garage merupakan salah satu benkel konversi yang sudah tersertifikasi. Diketahui saat ini Elders fokus menggarap kit konversi motor konvensional ke listrik dengan nama perusahaan Elders Elettrico.

Motor modifikasi Jokowi bernama Chopperland hasil kolaborasi Elders Garage dan Kick Ass Chopper. Motor ini menjadi terkenal sebagai motor modifikasi Presiden lantaran dibeli oleh Jokowi pada 2017 silam, dengan harga Rp140 juta.

Motor modifikasi bergaya chopper ini menggunakan basis mesin Royal Enfield 350 cc lansiran 2016. Pengerjaan motor memakan waktu satu bulan, sedangkan khusus pembuatan rangkanya sendiri dikerjakan selama 3 bulan.



Secara tampilan, motor ini menggunakan warna emas pada rangka dan tangkinya, yang membuat motor terlihat elegan. Seluruh bagian motor tersebut merupakan hasil custom, kecuali ban, mesin, dan shock breaker depan.

Sementara untuk tangki, rangka, spatbor, jok, swing arm dibuat oleh Elder Garage dan Kick Chopper. Bahkan, mereka mengklaim bahwa persentase motor chopper Jokowi sebanyak 75 persen handmade.

Secara spesifikasi, Chopperland milik Jokowi dibekali mesin satu silinder berkapasitas 350 cc yang dihubungkan dengan transmisi 5-percepatan. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga 19,8 hp pada 5.250 rpm dengan torsi puncak 28 Nmpada4.000rpm.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2478 seconds (0.1#10.140)