Motor Listrik Kawasaki Resmi Mengaspal, Dijual Mulai Rp100 Jutaan

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 14:49 WIB
loading...
Motor Listrik Kawasaki Resmi Mengaspal, Dijual Mulai Rp100 Jutaan
Kawasaki resmi menjual dua motor listrik berbasis baterai, Ninja e-1 dan Z e-1, di pasar Amerika Serikat. Foto/Rideapart
A A A
WASHINGTON - Kawasaki resmi menjual dua motor listrik berbasis baterai, Ninja e-1 dan Z e-1, di pasar Amerika Serikat. Motor sport listrik itu dibanderol USD7.299 atau setara Rp113 juta untuk Z e-1, dan USD7.599 atau sekitar Rp118 jutaan untuk Ninja e-1.

Melansir dari laman RideApart, Jumat (6/10/2023), Kawasaki Motors AS menerima pesanan untuk motor listrik ini hingga 30 November 2023, atau sampai kuotanya habis. Semua pesanan harus dilakukan langsung ke diler dengan melakukan deposit agar masuk dalam antrean.

Apabila semuanya berjalan sesuai dengan jadwal, Kawasaki memperkirakan akan memulai pengiriman motor listrik Ninja e-1 dan Z e-1 kepada konsumen mulai Desember 2023 hingga Juni 2024. Jika tertarik dengan Kawasaki Ninja e-1 atau Z e-1 2024, tetapi tidak berlokasi di AS, cara terbaik untuk mendapatkan informasi harga dan ketersediaan paling akurat adalah dengan menghubungi diler Kawasaki terdekat.



Dapat terlihat dari gambar yang ada, Ninja e-1 dan Z e-1 memiliki desain yang sangat mirip dengan motor sport konvensional. Bedanya, kedua motor ini dilengkapi dengan dinamo bertenaga 6,7 hp atau puncaknya 12 hp.

Motor listrik ini juga dibekali dengan teknologi regenerative, yang artinya bisa mengisi baterai melalui deselerasi. Perbedaan terbesar juga ada pada tuas di sisi kiri yang biasa ditujukan untuk kopling pada motor sport konvensional.
Motor Listrik Kawasaki Resmi Mengaspal, Dijual Mulai Rp100 Jutaan


Kedua motor dibekali dengan baterai berkapasitas 30 Ah yang bisa dilepas pasang untuk memudahkan proses pengecasan. Untuk pengisian daya sendiri, Kawasaki mengklaim hanya dibutuhkan waktu sekitar 3,7 jam.

Sekali pengisian daya penuh, baik Nionza e-1 maupun Z e-1, dapat menempuh jarak 41 mil atau sekitar 65 km dengan mode Road tanpa e-Boost. Namun, jarak tempuh akan sangat bergantung pada bobot pengendara, aliran udara, dan kondisi jalan.



Motor listrik ini menggunakan sasis trellis yang digunakan pada motor sport Kawasaki lainnya. Sedangkan untuk kaki-kaki, bagian depan menggunakan model teleskopik berdiameter 41 mm, dan belakang model Uni-Trak dengan setelan preload.

Terdapat dua mode berkendara, yakni Eco dan Road serta dilengkapi e-Boost dan Walk Mode. Untuk mode Eco, jarak tempuhnya akan sedikit lebih panjang dengan respon gas yang lebih halus dan kecepatannya dibatasi sampai 57 km/jam.

Sedangkan apabila fitur e-Boost diaktifkan, maka akan meningkatkan tenaga tambahan, dengan mode Road yang awalnya hanya sampai 80 km/jam naik jadi 94 km/jam. Sementara model Eco bisa melaju hingga 70 km/jam.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2971 seconds (0.1#10.140)