Terinspirasi IKEA, Mobil Mungil Luvly O Bisa Dirakit seperti Lego

Selasa, 10 Oktober 2023 - 19:00 WIB
loading...
Terinspirasi IKEA, Mobil Mungil Luvly O Bisa Dirakit seperti Lego
Mobil listrik dua kursi Luvly O terinspirasi dari IKEA. (Foto: Luvly)
A A A
JAKARTA - Perusahaan startup di Stockholm, Luvly, menciptakan mobil mungil ramah lingkungan yang bisa dibongkar pasang sehingga memudahkan dikirim melalui jasa logistik.

Mobil listrik dua kursi yang diberi nama Luvly O itu terlihat seperti kendaraan kecil lainnya. Khas kotak namun elegan dengan estetika modern-klasik mencerminkan minimalisme ala Skandinavia.

Menariknya mobil ini dirancang untuk dikirim tidak dalam kondisi utuh dalam kontainer, melainkan bagian-bagiannya terpisah dan nanti bisa dirakit ulang layaknya lego. Rangka paten dari Luvly menggunakan sistem kemasan datar, memungkinkan lebih banyak mobil diangkut per kontainer dan mengurangi emisi pengiriman dari setiap kendaraan.

Selain cara pengiriman yang ramah lingkungan, bobot mobil yang ringan juga diklaim secara signifikan mengurangi emisi karbon yang terkait dengan pengiriman unit.



Selain metode pengiriman yang unik, Luvly berharap fitur-fitur lain dari mobil listrik ini, termasuk rangka yang sangat ringan dan baterai yang dapat ditukar, akan membuat transportasi ramah lingkungan lebih terjangkau.

Dikutip dari CNN, Senin (10/10/2023), CEO Luvly Håkan Lutz menyebut berat mobil listrik ini di bawah 450 kilogram, kurang dari seperempat dari berat rata-rata mobil modern. Disebutkan juga, Luvly O mampu menempuh jarak 100 kilometer dengan kecepatan maksimum 90 kilometer per jam. Jarak tempuh dan kecepatan ini diklaim lebih dari cukup untuk perjalanan harian di daerah perkotaan.

Luvly O menggunakan dua baterai isi ulang berat masing-masing 16 kilogram, yang dapat ditukar dengan satu set lain sehingga mobil selalu mendapatkan pasokan daya. “Luvly masih menguji prototipe Luvly O tetapi berharap dapat meluncurkan mobil ini tahun depan dengan harga sekitar USD10.500,” kata Lutz.

Namun, perlu digarisbawahi bahwa mobil listrik ini tidak bisa dipesan dan dirakit sendiri oleh konsumen seperti produk-produk Do It Yourselt (DIY). Mobil ini tetap dirakit oleh pabrik mobil berlisensi sebelum dikirimkan ke pelanggan di berbagai wilayah. Kelebihannya adalah pabrik berlisensi tersebar di kota-kota kecil sehingga mempercepat pengiriman ke pelanggan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)