Mobil Listrik China Makin Moncer, Jadi Pesaing Kuat Tesla

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 22:26 WIB
loading...
Mobil Listrik China Makin Moncer, Jadi Pesaing Kuat Tesla
BYD Atto 3 menjadi mobil listrik paling laris di sejumlah negara. (Foto/Paultan)
A A A
JAKARTA - Produsen mobil listrik asal China mulai melebarkan sayap bisnisnya dan mengancam banyak brand-brand asal Eropa serta Amerika Serikat.

Salah satu pemegang merek mobil listrik asal China, BYD bahkan mencatatkan penjualan yang besar di negara asalnya. Bukan hanya jago kandang, BYD juga memiliki pencapaian yang cukup mengesankan di seluruh dunia.

Berdasarkan data Bloomberg, memasuki kuartal ketiga jelang akhir tahun ini, seluruh mobil listrik BYD mencatatkan penjualan 431.603 unit. Angka tersebut naik 23 persen dari periode sebelumnya.

Sementara pada periode yang sama, Tesla mencatatkan penjualan sebesar 435.059 unit dengan selisih 3.456 unit. Diprediksi BYD bakal memukul mundur Tesla ke posisi kedua sebagai mobil listrik terlaris jika trennya tidak berubah.



“BYD akan menjual lebih banyak kendaraan penumpang listrik dibandingkan Tesla pada kuartal keempat,” kata Taylor Ogan, CEO Snow Bull Capital yang berbasis di Shenzhen memiliki saham di kedua produsen mobil tersebut.

Keunggulan BYD terlihat dari kemampuan menjual mobil listrik dengan harga terjangkau, jauh di bawah harga pasaran Tesla. Kendati dijual murah, mobil listrik BYD memiliki segudang teknologi canggih dan fitur kekinian.

Ini dukung dengan baterai dan chip semikonduktor yang dibuat sendiri, tak seperti produsen lainnya yang bergantung pada perusahaan lain. Hal ini membuat biaya produksi bisa semakin rendah.

BYD juga memiliki berbagai lini model yang dipasarkan, seperti sedan dan SUV hingga segmen komersial. Berbeda dengan Tesla yang hanya memasarkan mobil sedan listrik, dan baru-baru ini meluncurkan truk listrik berbasis baterai.



Di Indonesia, BYD juga telah menancapkan tajinya. Mereka memulai kerja sama dengan perusahaan taksi dan bus TransJakarta. Belum diketahui kapan mereka akan memasarkan secara resmi kendaraan mereka untuk masyarakat umum.

Padahal, mereka memiliki beberapa model kendaraan penumpang, seperti Atto 3, HAN EV, Tang, dan beberapa model lainnya. Kabarnya, produsen asal China itu akan masuk ke Indonesia tahun depan dengan sejumlah model teranyar.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)