5 Penyebab Knalpot Motor Keluar Asap Berwarna Putih

Kamis, 19 Oktober 2023 - 17:50 WIB
loading...
5 Penyebab Knalpot Motor Keluar Asap Berwarna Putih
Penyebab knalpot motor mengeluarkan asap berwarna putih perlu diketahui pemilik kendaraan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah penyebab knalpot motor mengeluarkan asap berwarna putih. Tak bisa dianggap remeh, pemilik kendaraan wajib mengetahui akar masalahnya.

Keluarnya asap dari knalpot bisa menjadi salah satu cara mengetahui kondisi kendaraan. Umumnya, dua jenis asap yang biasa terlihat adalah warna hitam dan putih.

Lantas, apa saja penyebab knalpot motor yang mengeluarkan asap putih ini? Untuk mengetahuinya lebih jauh, simak ulasannya berikut sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

Penyebab Knalpot Motor Keluar Asap Putih


1. Ring Piston Aus


Seiring penggunaannya, kondisi ring piston bisa semakin melemah. Sebagai informasi, ada dua jenis ring piston.

Pertama ada ring kompresi yang berfungsi merapatkan celah antara piston dan blok silinder agar tekanan kompresi tidak mengalami kebocoran. Kemudian, ada juga ring oli yang memiliki tugas mencegah oli dari ruang engkol masuk ke ruang bakar.



Pada bentuknya, komponen tersebut memiliki sedikit celah. Nah, jika kedua ring mengalami keausan, celahnya dapat membesar. Hasilnya, oli bisa masuk ke ruang bakar.

2. Seal Katup Bocor


Seal katup ini berfungsi untuk mencegah kebocoran oli ke manifold. Seiring bertambahnya umur penggunaan, komponen ini bisa mengeras dan membuat daya kerapatannya turun.

Sama seperti penyebab sebelumnya, kebocoran pun bisa terjadi dan oli masuk manifold dengan mudah. Sebagai solusinya, Anda bisa mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

3. Pemasangan Katup Tidak Tepat


Kesalahan pemasangan katup juga berpotensi membuat kebocoran. Ketika katup dipasang dengan salah, akan ada bagian semacam celah yang terbuka.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2748 seconds (0.1#10.140)