Pengendara Motor Dilarang Menikung Terlalu Miring

Senin, 06 November 2023 - 19:26 WIB
loading...
Pengendara Motor Dilarang Menikung Terlalu Miring
Kepolisian Taiwan kini melarang seluruh pengendara motor untuk tidak melewati tikungan jalan dengan cara terlalu miring. Foto/Paultan
A A A
TAIPEI CITY - Ada kabar tidak menyenangkan bagi pengendara motor di Taiwan . Terutama buat mereka yang kerap bergaya seperti pembalap MotoGP.

Dilaporkan Paultan, Senin (6/11/2023) ini, pihak kepolisian Taiwan kini melarang seluruh pengendara motor untuk tidak melewati tikungan jalan dengan cara terlalu miring. Mereka hanya boleh merebahkan sepeda motor dengan sudut 30 derajat.

Apabila miring lebih dari sudut yang ditetapkan mereka akan langsung dianggap melanggar peraturan lalu lintas yang berlaku. Hukuman yang dijatuhkan berupa denda, namun jumlahnya belum ditentukan.



Hanya saja pengendara sepeda motor di Taiwan masih bisa sedikit bernapas lega. Sebab, kepolisian Taiwan baru menerapkan peraturan tersebut di lokasi yang selalu dijadikan para pengendara motor Taiwan kebut-kebutan yakni sebuah jalan di County Road 139.

Jalan tersebut disukai banyak pengendara sepeda motor karena memiliki banyak tikungan yang berliku-liku. Dari situlah mereka kemudian memanfaatkannya untuk bermanuver seperti pembalap MotoGP.
Pengendara Motor Dilarang Menikung Terlalu Miring


Saat ini jalan tersebut sudah dipasang kamera yang nantinya akan memotret dan merekam para pengendara sepeda motor yang melanggar peraturan. "Peraturan baru ini akan mulai aktif pada 15 November 2023," sebut Paultan.

Hanya saja banyak pengendara sepeda motor di Taiwan merasa tidak puas. Mereka merasa ukuran 30 derajat yang ditetapkan masih belum jelas. Mereka menanyakan standar yang lebih jelas soal ukuran rebah yang membahayakan.



“Kalau bisa mereka contohkan bagaimana melakukan cornering yang aman di jalan seperti itu," kritik salah seorang pengendara sepeda motor Taiwan di situs resmi kepolisian Taiwan.

Sampai saat ini kepolisian Taiwan tidak merespons kekecewaan tersebut. Yang pasti cara ini bisa menekan jumlah para pengendara sepeda motor yang kerap bermanuver dengan berbahaya di beberapa titik jalan yang ada.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)