Akibat Error, GM Hentikan Operasi Taksi Otonom di California

Rabu, 08 November 2023 - 06:55 WIB
loading...
Akibat Error, GM Hentikan Operasi Taksi Otonom di California
GM Hentikan Operasi Taksi Otonom di California.FOTO/ CARSCOOPS
A A A
CALIFORNIA - General Motors (GM) terpaksa menghentikan operasi merek Cruise setelah izin taksi tanpa pengemudi (otonom) ditangguhkan oleh pemerintah negara bagian California bulan lalu.



Hal itu terjadi setelah beberapa kejadian, termasuk seorang wanita yang terluka parah setelah ditabrak kendaraan biasa lalu terlempar ke depan mobil Cruise Chevrolet Bolt EV.

Kapal pesiar yang melaju sendiri tanpa sopir itu tidak berhenti dan terus menabrak wanita tersebut.

Pihak berwenang California kemudian menyuarakan keprihatinan mereka mengenai kendaraan otonom dan keselamatan pejalan kaki.

Cruise Origin merupakan kendaraan listrik (EV) yang didedikasikan untuk mengangkut penumpang tanpa memerlukan pengemudi. Dibangun oleh Cruise, perusahaan milik GM dan Honda.

Namun sebagian besar Kapal Pesiar yang berperan sebagai taksi robot adalah jenis yang menggunakan Chevrolet Bolt EV dan diperbolehkan bergerak di jalan umum di kota-kota seperti San Francisco, Austin dan Miami.

Cruise Origin dibangun di pabrik Factory Zero GM di Michigan dan telah memproduksi "ratusan" unit yang siap digunakan sebagai minibus umum otonom.

GM dilaporkan telah kehilangan USD1,9 miliar dari Cruise saja, namun mereka masih yakin perusahaan kendaraan otonom tersebut memiliki masa depan cerah. Bahkan raksasa komputer, Microsoft juga mempunyai investasi besar pada Cruise.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2701 seconds (0.1#10.140)