Sudah Dipesan Ribuan Unit, Mobil Terbang dengan Sayap Lipat Perdana Mengudara

Senin, 13 November 2023 - 16:10 WIB
loading...
Sudah Dipesan Ribuan Unit, Mobil Terbang dengan Sayap Lipat Perdana Mengudara
Mobil terbang Samson Sky Switchblade akhirnya perdana mengudara. (Foto: The Sun)
A A A
JAKARTA - Mobil terbang dengan bentuk unik, Samson Sky Switchblade, akhirnya mengudara. Penerbangan perdana mobil beroda tiga ini dinantikan banyak orang lantaran sudah ada 2.300 unit yang dipesan.

Penerbangan perdana mobil terbang seharga £160.000 ini dilakukan di Bandara Internasional Grant County di Washington, tepat setahun setelah diumumkan layak terbang oleh FAA.

Hasilnya, Samson Sky Switchblade mampu terbang di ketinggian 500 kaki sebelum berputar di udara selama enam menit. “Setelah 14 tahun desain dan pengujian ketat, penerbangan pertama kami adalah tonggak bersejarah,” ujar CEO Samson Sky Switchblade, Sam Bousfield dikutip dari The Sun, Senin (13/11/2023).
Ke depan, mobil ini akan diproduksi secara massal. Mobil dengan konfigurasi dua tempat duduk ini telah menerima 2.300 reservasi dari 57 negara dan 50 negara bagian di AS.



Sekilas, Switchblade tampak seperti mobil biasa. Namun kendaraan ini memiliki dua sayap dan ekor yang melipat dengan sekali sentuh tombol. Tiga roda yang ada juga bisa mengaspal di jalan raya sekaligus menjadi medium lepas landas dalam waktu singkat. Mobil terbang ini diklaim mampu melesat hingga 200 mph dan dalam jangkauan 450 mil dengan ketinggian 13.000 kaki.

Setelah mendarat, pengguna dapat mengubah mobil kembali ke mode berkendara. Sayap dan ekor bisa dilipat sehingga aman dan terlindungi.

Switchblade hadir dalam dua varian. Pertama, seharga £139.000 yang memungkinkan pilot beroperasi dalam kondisi cuaca yang jelas, dan versi seharga £160.000 untuk terbang dalam kondisi cuaca yang berbeda, termasuk terbang ke dalam awan dan dengan visibilitas nol. Kendaraan ini memiliki sistem listrik hibrida yang unik, yang menggunakan bensin biasa.



Meskipun lisensi pilot diperlukan untuk terbang dengan Switchblade, Samson Sky mengatakan reservasi datang dari kalangan non-pilot yang berencana belajar terbang dengan kendaraan luar biasa ini.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2756 seconds (0.1#10.140)