Keunggulan Mobil Listrik TITEN, Mampu Tempuh 149 Km Sekali Cas

Kamis, 16 November 2023 - 20:09 WIB
loading...
Keunggulan Mobil Listrik TITEN, Mampu Tempuh 149 Km Sekali Cas
Mobil listrik TITEN meraih juara ketiga kategori mesin listrik dalam Kontes Mobil Hemat Energi 2023. (Foto: Humas Unej)
A A A
JAKARTA - Mobil listrik TITEN Universitas Jember meraih juara ketiga kategori mesin listrik dalam perhelatan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2023.

Mobil listrik tersebut berhasil menempuh jarak sejauh 149 kilometer dengan beberapa tikungan menantang di Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Jarak ini ditempuh dalam waktu 25 menit dengan daya baterai listrik yang dicas selama 1,5 jam.

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2023 digelar oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbudristek. Dalam lomba ini setiap tim harus melewati beberapa tahapan prosedur yaitu pemeriksaan pos uji teknis kesesuaian kendaraan dengan regulasi KMHE 2023. Kemudian semua tim yang telah lolos pos uji teknis akan melakukan pengisian bahan bakar, dilanjutkan dengan pelaksanaan race untuk setiap kategori.



“Di sini kami dituntut membuat mobil dengan dimensi yang dibuat semirip mungkin dengan mobil-mobil yang diproduksi secara massal. Namun tantangannya adalah mobil tersebut harus paling irit daya dan dengan efisiensi tertinggi pada masing-masing kategori,” ujar Dhafa, Ketua Tim TITEN.

Dalam kategori yang sama, Juara 1 diraih oleh Nogogeni ITS Team dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan perolehan nilai 203 Km. Sedangkan Juara 2 Garuda UNY Eco Team II dari Universitas Negeri Yogyakarta dengan nilai 161 km.



Dhafa berharap perlombaan ini akan memunculkan inventor-inventor yang berdampak besar di berbagai bidang, seperti industri otomotif, transportasi, industri energi fosil dan energi terbarukan.

Prestasi yang diraih tim TITEN ini juga turut memberikan kontribusi bagi pengembangan teknologi ramah lingkungan dan tentunya hemat energi di Indonesia.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)