Tenggelam Digempur SUV, Pasar Mobil MPV di Indonesia Belum Kiamat

Jum'at, 17 November 2023 - 07:11 WIB
loading...
Tenggelam Digempur SUV, Pasar Mobil MPV di Indonesia Belum Kiamat
Pasar SUV sekarang memang sedang naik daun, terus menggerus semen MPV. Tampak Mitsubishi XForce yang baru dikenalkan. Foto: MMKSI
A A A
JAKARTA - Mobil-mobil SUV terus mendominasi pasar Indonesia. Hanya saja MPV bakal balik jadi primadona masyarakat Indonesia. Apa alasannya?

Mobil jenis SUV terus menggempur pasar otomotif Indonesia. Berbagai model baru SUV terus berdatangan sehingga membuat mobil jenis MPV seakan tenggelam.

Faktanya pada 2022 lalu memang terjadi pergeseran selera pasar. Masyarakat Indonesia yang semula memilih mobil-mobil MPV seperti Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan sebagainya justru mulai berpindah ke mobil SUV.

Data GAIKINDO menyebutkan sepanjang 2020 dan 2022, pasar SUV mengalami peningkatan sebesar 92%. Sementara pasar MPV justru stagnan.

Kondisi itu juga diamini oleh Tetsushiro Tsuchida, Director of Marketing and Sales Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Kamis (16/11) kemarin. Dia mengatakan seiring waktu pasar SUV memang meningkat.

Setidaknya peningkatan itu menggerus pasar MPV yang sebelumnya bisa mendominasi pasar hingga 70 persen. "Sekarang kondisinya sudah separuh-separuh," jelasnya.

Hanya saja menurut kondisi itu justru akan sementara. Dia mengatakan masyarakat Indonesia memiliki karakteristik yang khas. Pada dasarnya masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang guyub dan tetap memilih mobil yang bisa mengangkut banyak orang.

Kenaikan mobil SUV justru menurut dia terjadi karena banyaknya model baru SUV yang masuk ke Tanah Air. Belum lagi pemainnya juga terus bertambah seperti mobil-mobil SUV berbendera China.

Dia justru yakin kondisi MPV yang mendominasi pasar otomotif Indonesia akan segera kembali.



"Menurut saya pribadi akan kembali ke kondisi awal dimana 70 persen adalah MPV karena masyarakat Indonesia kan itu sangat khas. Saat ini SUV naik karena ada model-model baru. Nanti juga MPV akan ada model-model baru juga. Jadi akan kembali ke situ dimana 70 persen memang MPV," terangnya.

Dia mengatakan saat ini Mitsubishi memiliki mobil jenis MPV dan SUV. Untuk MPV mereka mengandalkan Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander Cross. Di segmen SUV mereka juga punya senjata baru Mitsubishi XForce yang menemani SUV legendaris mereka Mitsubishi Pajeri Sport.

"Saat ini strategi kita adalah mengikuti pasar. Kita harus menyediakan produk yang memang diminta oleh pasar,"jelasnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)