Ini yang Perlu Dilakukan agar Berkendara Motor Tetap Nyaman

Minggu, 19 November 2023 - 15:25 WIB
loading...
Ini yang Perlu Dilakukan agar Berkendara Motor Tetap Nyaman
Memasuki musim hujan pengendara sepeda motor harus lebih waspada saat berkendara. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Memasuki musim hujan pengendara sepeda motor harus lebih waspada saat berkendara. Begitu juga dalam mempersiapkan seluruh perlengkaan berkendara agar tetap nyaman selama di jalan.

Salah satu hal terpenting saat menghadapi musim hujan adalah dengan mempersiapkan jas hujan. Selain itu, pengendara sepeda motor juga harus memastikan menggunakan sepatu khusus riding.

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengendara sepeda motor. Terutama saat musim hujan demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara.



Menurut dia, persiapan matang yang dilakukan pengendara roda dua sebelum berkendara akan memberikan rasa nyaman. Namun, Jusri menyarankan kepada pengendara untuk tetap waspada, khususnya saat hujan.

“Kondisi hujan memang sangat tidak nyaman bagi pengguna sepeda motor. Belum lagi harus melewati banjir dan sebagainya. Oleh karena itu, pola pikir saat menghadapi musim hujan sangat diandalkan,” kata Jusri kepada MNC Portal, Minggu (19/11/2023).

Intensitas hujan yang tinggi di Indonesia, khususnya Jakarta, membuat beberapa wilayah tergenang air yang cukup tinggi. Meskipun surut dalam waktu singkat, tapi itu dapat terjadi berulang kali ketika hujan deras turun.

Untuk itu, Jusri menekankan kepada para pengguna sepeda motor untuk menentukan perjalanan yang akan dilakukannya. Selain itu, memperhatikan kondisi cuaca juga diperlukan agar tidak terjebak banjir di perjalanan.



“Pertama, rencanakan perjalanan. Di luar alasan klasik memastikan motor dalam kondisi baik, tapi kita harus merencanakan perjalanan dengan matang agar tidak menghambat perjalanan kita,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3359 seconds (0.1#10.140)