4 Penyebab Ban Botak Sebelah, Apa Saja?

Selasa, 21 November 2023 - 22:15 WIB
loading...
4 Penyebab Ban Botak Sebelah, Apa Saja?
Ban botak sebelah menjadi peristiwa yang kerap dialami oleh pengguna kendaraan. (Foto: Suzuki)
A A A
JAKARTA - Ban merupakan salah satu komponen vital kendaraan, sehingga memerlukan perawatan ekstra. Salah satu masalah yang kerap dialami adalah ban botak sebelah.

Umumnya, ban akan terkikis dan permukaannya menjadi botak secara bersamaan, karena digunakan dalam intensitas yang sama. Tetapi, ban botak sebelah menjadi peristiwa yang kerap dialami oleh pengguna kendaraan, kenapa?

Berikut penyebab ban botak sebelah seperti dibagikan oleh Suzuki.

1. Kelebihan Muatan


Kelebihan muatan pada satu sisi dapat menjadi penyebab ban botak sebelah . Kondisi ini mengakibatkan ketidakseimbangan beban yang dapat merugikan kestabilan dan kinerja kendaraan.

Selain itu, kelebihan muatan pada satu sisi juga dapat mengakibatkan peningkatan konsumsi bahan bakar. Untuk itu, perlu kesadaran terhadap pembagian beban yang merata untuk menjaga ban mobil.


2. Sudut Kemiringan Ban Tidak Presisi


Ban yang sudut kemiringannya diatur dengan benar dan lurus, maka permukaan ban tersebut akan menyentuh dan menapak medan jalan secara rata. Akan tetapi, ketika sudut kemiringan ban diatur kurang teliti, maka ban menjadi tidak lurus.

Dampaknya, permukaan ban tidak akan menyentuh dan menapak medan jalan secara rata dan sempurna. Ban yang sudutnya tidak rata akan membuat sebagian permukaan ban condong mengarah ke luar.

Sudut kemiringan ban yang tidak benar diakibatkan saat spooring kurang teliti sehingga hasilnya tidak memenuhi standar.

3. Tekanan Angin pada Ban Tidak Sesuai


Ban mobil harus memiliki tekanan angin yang sesuai dengan pedomannya agar performa tetap optimal. Jika ban menerima tekanan angin yang tidak sesuai, maka bisa menjadi penyebab ban botak sebelah.


4. Pengaturan Suspensi


Penyebab ban mobil habis sebelah berikutnya adalah pengaturan suspensi yang kurang tepat. Hal tersebut akan menyebabkan sudut tegak lurus ban dengan tanah berakhir tidak tepat.

Kondisi tersebut kemudian membuat salah satu sisi ban tidak menapak ke permukaan jalan dengan sempurna.
Tidak hanya berdampak pada kondisi ban yang salah satu sisinya menjadi lebih cepat habis, suspensi yang pengaturannya tidak lurus pun akan mempengaruhi area camber, sehingga mengikis ban dalam lebih cepat.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1910 seconds (0.1#10.140)