Tak Mau Kalah dengan Tesla, BYD Berhasil Produksi 6 Juta Unit Mobil Elektrifikasi

Sabtu, 25 November 2023 - 10:52 WIB
loading...
Tak Mau Kalah dengan Tesla, BYD Berhasil Produksi 6 Juta Unit Mobil Elektrifikasi
Booth BYD di pameran Japan Mobility Show 2023 belum lama ini. BYD menjadi satu-satunya pabrikan mobil asal China di pameran tersebut. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Perusahaan mobil listrik China BYD berhasil mencetak sejarah. Sebab, berhasil memproduksi sebanyak enam juta unit mobil dengan baterai.

Perusahaan mobill China, BYD, berhasil mencetak sejarah khusus karena berhasil memproduksi sebanyak enam juta unit mobil elektrifikasi atau kendaraan dengan energi baru.

Dilaporkan Carscoops, Sabtu (25/11) capaian tersebut tercapai sejak pabrik milik BYD resmi beroperasi pada 2008. Capaian itu makin menarik karena BYD justru bisa melakukannya dengan strategi khusus.

“Pada 2022 BYD memutuskan untuk tidak lagi memproduksi mobil konvensional dan fokus pada hybrid, plug-in hybrid, dan listrik murni,” sebut Carscoops.
Artinya dalam waktu singkat BYD bisa mendongkrak produksi mobil-mobil elektrifikasi tersebut hingga langsung mencapai 6 juta unit.

Selain itu BYD juga memiliki sembilan pabrik di seluruh China. Seluruh pabrik tersebut sejak 2022 sudah beralih dari produksi mobil konvensional ke mobil elektrifikasi.

Carscoops mengatakan saat ini wilayah pemasaran BYD tidak hanya ada di China. BYD juga mengirim mobil-mobil elektrifikasi mereka ke berbagai negara di dunia.

“Data terbaru menyebutkan China tengah mengalami peningkatan di mobil plug-in hybrid dan range extender. Hal itu terjadi karena mobil jenis itu lebih fungsional ketimbang listrik murni," jelas Carscoops.

Capaian BYD memang perlu diapresiasi. Hanya saja prestasi itu masih cukup jauh jika dibandingkan dengan pabrikan mobil lainnya yang sudah lebih dulu mapan di mobil elektrifikasi.

Toyota disebutkan Carscoops telah memproduksi sebanyak 15 juta mobil hybrid. Capaian itu terjadi di 2020. Sementara Tesla sudah berhasil memproduksi sebanyak enam juta unit mobil listrik murni di 2023 lalu.



Perusahaan mobil listrik yang dimiliki ElonMusk itu diperkirakan akan berhasil memproduksi sebanyak 6 juta unit mobil listrik murni awal tahun 2024.
Tentu hal itu sangat berbeda dengan capaian BYD. Pasalnya BYD mencapai produksi enam juta dengan berbagai varian mobil elektrifikasi yakni listrik murni, plug-in hybrid, dan hybrid. Sebaliknya Tesla hanya memproduksi mobillistrikmurni.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1018 seconds (0.1#10.140)