Tak Dibekali Kaca Spion, Begini Cara Tesla Cybertruck Pantau Blind Spot

Minggu, 03 Desember 2023 - 14:55 WIB
loading...
Tak Dibekali Kaca Spion, Begini Cara Tesla Cybertruck Pantau Blind Spot
Tesla menjadikan Cybertruck sebagai kendaraan yang canggih sekaligus unik dengan menghilangkan beberapa bagian konvensional dan menggantikan dengan perangkat modern. Foto/Teslarati
A A A
TEXAS - Tesla menjadikan Cybertruck sebagai kendaraan yang canggih sekaligus unik dengan menghilangkan beberapa bagian konvensional dan menggantikan dengan perangkat modern. Salah satu bagian yang paling kentara adalah Cybertruck tidak dibekali kaca spion lazimnya kendaraan lain.

Selama empat tahun terakhir, penggemar Tesla mendapatkan banyak informasi terbaru tentang Cybertruck dan apa yang mungkin menjadi standar saat diluncurkan ke pasar. Saat pengiriman unit pertama, Tesla Cybertruck tidak memiliki kaca spion.

Padahal pada tahun 2021, CEO Tesla Elon Musk mengatakan bahwa kaca spion samping harus dipasang pada kendaraan karena peraturan federal. “Mereka diwajibkan oleh hukum, namun dirancang agar mudah dihapus oleh pemiliknya,” katanya melalui akun X (dulu Twitter).



Pada review awal MKBHD terhadap Cybertruck menunjukkan bahwa kaca spion sudah termasuk pengiriman, namun juga mudah dilepas. Banyak pengguna mungkin bertanya-tanya mengapa Tesla melakukan ini, dan bagaimana pengemudi dapat melihat titik buta (blind spot) dan lingkungan sekitarnya tanpa kaca spion.

Ternyata Tesla memberikan jawaban yang sederhana, yaitu menggunakan kamera. Tesla memasang kamera di lubang roda depan, yang mengarah ke belakang secara miring, memberikan tampilan yang sama seperti kaca spion samping.
Tak Dibekali Kaca Spion, Begini Cara Tesla Cybertruck Pantau Blind Spot


Tampilan kamera ini kemudian muncul di layar sentuh tengah. Selain itu, Tesla juga membantu pengemudi dengan monitor blindspot di pilar A Cybertruck, untuk menggantikan fungsi kaca kabin.

Alih-alih menempatkan kaca spion di tempat biasanya, kaca spion itu kosong dan hanya menampung kamera yang menghadap ke kabin. Cybertruck juga akan menampilkan gambar belakang melalui feed di layar tengah.



“Anggap saja sebagai kamera cadangan yang menyala sepanjang waktu. Mungkin ini tidak ideal, tapi Cybertruck membuktikan sebagai kendaraan yang tidak biasa,” tulis laman Teslarati, Minggu (3/12/2023).
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2982 seconds (0.1#10.140)