10 Kekurangan dan Kelebihan Ioniq 5, Mobil Listrik dengan Desain Futuristik

Kamis, 07 Desember 2023 - 10:14 WIB
loading...
10 Kekurangan dan Kelebihan Ioniq 5, Mobil Listrik dengan Desain Futuristik
Hyundai Ioniq 5 merupakan mobil listrik dengan desain futuristik dan memiliki berbagai fitur canggih. Foto/Hyundai
A A A
JAKARTA - Kekurangan dan kelebihan Ioniq 5 bisa menjadi pertimbangan para calon pembeli. Hadirnya Ioniq 5 akan menambah tingginya minat masyarakat Indonesia untuk memiliki mobil listrik .

Ioniq 5 merupakan mobil listrik yang diproduksi oleh Hyundai dan dirakit di Indonesia. Mobil ini memiliki desain yang futuristik dan berbagai fitur canggih, seperti lampu LED parametrik, gagang pintu rata, dan platform E-GMP yang fleksibel.

Sebelum membeli mobil ini ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut kekurangan dan kelebihan Hyundai Ioniq 5.

Kelebihan Mobil Hyundai Ioniq 5


1. Kabin Luas dan Nyaman


Mobil Ioniq 5 mempunyai kabin luas dan nyaman, dengan sandaran tangan dan konsol tengah yang bisa digeser, jok depan yang lebar dan memiliki ottoman seat. Selain itu panoramic roof juga tidak mengurangi ruang kepala.


2. Fitur Bantuan yang Memanjakan Pengemudi


Ioniq 5 memiliki fitur bantuan berkendara yang memanjakan pengemudi. Beberapa di antaranya Smart Cruise Control with Stop & Go Function, Lane Keeping Assist, dan Lane Following Assist, yang bisa membuat pengemudi lebih santai dan aman di jalan.

3. Mempunyai Daya Jelajah yang Sangat Jauh


Mobil Ioniq 5 ini mempunyai daya jelajah yang jauh. Mobil dengan varian Long Range ini bisa menempuh hingga 480 km dengan sekali pengisian baterai.

4. Performa Unggul


Dilansir dari laman resminya, mobil ini mempunyai performa yang mantap. Ioniq 5 sudah dibekali dengan tenaga puncak 214 hp dan torsi maksimal 350 Nm untuk varian Long Range, serta akselerasi 0-100 km/jam dalam 7,4 detik.


5. Dibekali Fitur Canggih


Kecanggihan fitur Ioniq 5 ini memang terbilang luar biasa. Fitur-fitur tersebut seperti pixel LED headlamp, gagang pintu rata, platform E-GMP yang fleksibel, Vehicle to Load (V2L) yang bisa mengisi daya perangkat lain, dan Augmented Reality Head-Up Display (AR HUD) yang bisa menampilkan informasi di kaca depan.

Kekurangan Mobil Hyundai Ioniq 5


1. Tidak Punya Wiper Belakang


Sayangnya dari segala keunggulannya itu, mobil Ioniq 5 tidak punya wiper belakang. Hal itu tentu bisa membuat pengemudi canggung saat hujan turun lebat ketika ingin mengetahui kondisi belakang mobil.

2. Menggunakan Sistem RWD


Masih sama dengan mobil listrik lainnya, Ioniq 5 masih menggunakan penggerak roda belakang (RWD). Padahal secara global ada opsi penggerak semua roda (AWD) yang dapat memberikan performa yang lebih baik.

3. Harga yang Terbilang Mahal


Sebanding dengan fitur dan kecanggihan yang dibawa, mobil ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal yakni mulai dari Rp718 juta hingga Rp829 jutaan. Hal itu menjadi kendala bagi sebagian konsumen untuk mendapatkannya.

4. Ketersediaan Stasiun Pengisian Daya


Meski didukung dengan banyak teknologi, hingga saat ini ketersediaan stasiun pengisian daya yang masih terbatas. Terutama di luar kota besar, yang bisa mengurangi mobilitas pengguna.

5. Desain yang Terlalu Futuristik


Mobil Hyundai Ioniq 5 mungkin tergolong mempunyai desain yang terlalu futuristik. Hal itu bisa menjadikan sebagian orang kurang tertarik lantaran lebih menyukai tampilan klasik atau elegan.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2893 seconds (0.1#10.140)