Toyota Tergoda Bikin Mobil Sport Listrik dengan Teknologi Baterai Canggih

Minggu, 10 Desember 2023 - 11:07 WIB
loading...
Toyota Tergoda Bikin Mobil Sport Listrik dengan Teknologi Baterai Canggih
Toyota kembali menampilkan konsep mobil sport listrik FT-Se dengan lebih banyak informasi. Foto/Green Car Report
A A A
TOKYO - Toyota kembali menampilkan konsep mobil sport listrik FT-Se dengan lebih banyak informasi. Produsen mobil asal Jepang tersebut mengungkapkan FT-Se bulan lalu di pameran otomotif Tokyo 2023, tetapi tidak memberikan banyak informasi teknis.

Saat ini Toyota telah mempublikasikan dimensi dan mengisyaratkan teknologi baterai generasi berikutnya yang dapat disertakan jika mobil sport Listrik FT-Se berhasil mencapai produksi. Toyota mengonfirmasi bahwa FT-Se memiliki panjang 172 inci, lebar 75 inci, dan tinggi hanya 48 inci.

Artinya, panjangnya hampir sama dengan Toyota GR Supra berbahan bakar bensin saat ini, tetapi lebih lebar dan lebih rendah sekitar dua inci. Dimensi tersampir rendah dimungkinkan oleh baterai baru dengan ketinggian rendah dan kepadatan energi tinggi.



“Meskipun tidak disebutkan secara spesifik, Toyota sedang mengembangkan bahan kimia baterai solid-state untuk digunakan pada model khusus. Saat ini, mobil sport pasti memenuhi syarat sebagai model khusus itu,” tulis laman Green Car Report, Minggu (10/12/2023).

Toyota mencatat bahwa pendahulu FT-Se terungkap pada akhir tahun 2021, sebagai Sports EV. Itu adalah salah satu dari sejumlah konsep yang diluncurkan bersamaan dengan pengumuman Toyota bahwa mereka akan meluncurkan 30 kendaraan listrik baru secara global pada tahun 2030.
Toyota Tergoda Bikin Mobil Sport Listrik dengan Teknologi Baterai Canggih


Sejak itu, Toyota dilaporkan telah bereksperimen dengan simulasi ciri-ciri mesin pembakaran internal untuk mobil sport Listrik, seperti suara mesin dan bahkan mati. Konsep Toyota lainnya yang baru-baru ini terungkap termasuk pikap kompak elektrik, dan SUV elektrik yang mungkin menjadi bagian dari keluarga Land Cruiser.



Toyota juga menekankan bahwa mereka merencanakan kendaraan listrik buatan AS dengan baterai buatan AS dalam waktu dekat. Masih harus dilihat apakah mobil sport listrik berdasarkan konsep FT-Se akan menjadi salah satunya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2194 seconds (0.1#10.140)