Lawan Mobil China, Pabrikan Mobil Dunia Kompak Kurangi Biaya Produksi Baterai EV

Senin, 11 Desember 2023 - 07:06 WIB
loading...
Lawan Mobil China, Pabrikan Mobil Dunia Kompak Kurangi Biaya Produksi Baterai EV
Pabrikan mobil di dunia mulai berlomba-lomba mengurangi biaya produksi baterai mobil listrik. Semuanya gara-gara China. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
BEIJING - Pabrikan mobil di dunia mulai berlomba-lomba mengurangi biaya produksi baterai mobil listrik . Semuanya gara-gara China.



Dikutip Autoblog, Senin (11/12/2023) ini berbagai pabrikan mobil dunia ingin menekan biaya produksi baterai mobil listrik agar harga bisa turun. Pasalnya saat ini mobil-mobil listrik buatan China jauh lebih terjangkau dibanding mobil-mobil listrik lainnya.

"Sekarang para produsen mobil dunia mulai berupaya membuat mobil listrik terjangkau, mereka tahu jika itu tidak dilakukan maka akan kalah dengan China," ujar Andy Palmer, Chairman of Brill Power.

Dia mengatakan saat ini baterai memang jadi faktor utama dari harga mobil listrik. Biaya produksinya bisa dibilang sangat mahal.

Sayangnya harga baterai tersebut berimbas kepada harga mobil listrik. Di saat yang sama juga berpengaruh pada penjualan mobil listrik.

Dari situ pabrikan mobil dunia melihat perlunya upaya mengurangi biaya produksi baterai mobil listrik. Hal itu menurut Andy Palmer sudah terlihat di Renault yang mengklaiim berhasil mengurangi biaya produksi baterai mobil listrik.

Begitu juga dengan Stellantis yang kini menjalin kerja sama dengan pabrik baterai China, CATL. Kini baterai mobil listrik buatan CATL yang harganya murah sudah terpasang di mobil listrik Citroen e-C3. Faktan ya Citroen e-C3 memiliki banderol harga USD24.540 atau setara Rp376,8 juta.

Di Indonesia Citroen e-C3 juga sudah dihadirkan. Walau belum resmi dijual diperkirakan harganya memang ada di bawah Rp400 juta.

Sementara CEO Veekim Peter Siegle mengatakan upaya itu dilakukan dengan mencari sumber daya pembuatan baterai baru.

Faktanya saat ini China memang mendominasi pertambangan dan pengolahan mineral yang memang diperlukan untuk produksi baterai mobil listrik.

Peter Siegle menyebutkan pabrikan mobil Jerman telah mengembangkan motor listrik dan baterai menggunakan ferit atau bubuk besi.

Dia mengatakan penggunaan ferit yang lebih murah dan proses berbiaya rendah. Penggunaan material itu diperkirakan dapat memangkas harga motor listrik sebesar 20 persen.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1488 seconds (0.1#10.140)