Belum Banyak Orang Tahu, Ini Cara Perawatan Motor Listrik

Kamis, 28 Desember 2023 - 09:57 WIB
loading...
A A A
Segera ganti jika memang kampas rem sudah tipis. Pastikan kondisi cakram rem dan kinerjanya tetap prima dengan memastikan tidak ada goresan atau deformasi yang dapat memengaruhi proses pengereman.

3. Pengecekan Tekanan Ban

Tekanan udara yang tepat pada ban adalah kunci kenyamanan dan keamanan berkendara. Pastikan tekanan udara pada ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Tekanan yang tepat meningkatkan efisiensi baterai dan kestabilan kendaraan.

4. Metode Penyimpanan

Belum Banyak Orang Tahu, Ini Cara Perawatan Motor Listrik

Parkirkan motor listrik di tempat yang kering dan terlindung dari cuaca panas maupun hujan. Selalu gunakan penutup untuk melindungi dari debu dan kotoran apabila ditinggal dalam waktu lama.

Jika harus meninggalkan motor listrik tidak dalam waktu yang lama, pastikan baterai pada daya sekitar 50 persen. Letakkan baterai di tempat yang jauh dari paparan sinar matahari secara langsung dengan suhu yang sejuk.

5. Pengecekan Rutin

Lakukan pemeriksaan secara rutin terhadap semua komponen motor listrik, termasuk kabel-kabel, lampu, dan bagian lainnya. Pastikan sistem elektrik berfungsi dengan baik. Segera ganti lampu yang mati. Periksa kabel-kabel untuk memastikan tidak ada korsleting atau kabel yang terkelupas.



6. Perhatikan Kondisi Jalan

Kendarai motor listrik dengan perlahan dan berhati-hati saat melewati jalan rusak. Hindari jalan berlubang dan rusak. Kondisi jalan tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada suspensi dan bagian-bagian motor listrik lainnya.

7. Periksa Aplikasi atau Software Tambahan

Beberapa merek motor listrik, seperti United E-Motor, memberikan tambahan fitur aplikasi atau software yang memiliki berbagai fungsi. Periksa selalu pembaruan aplikasi untuk memastikan bahwa koneksi dan integrasi dengan motor listrik berjalan dengan aman dan lancar.

Selalu gunakan buku panduan pengguna yang disediakan oleh pabrikan motor listrik sebagai petunjuk perawatan yang lebih spesifik. Menerapkan cara merawat motor listrik dengan baik, memastikan kinerja motor listrik optimal dan memperpanjang umur pakai komponen utamanya.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2709 seconds (0.1#10.140)