Cara Menghilangkan Baret pada Bodi Mobil

Jum'at, 29 Desember 2023 - 15:49 WIB
loading...
A A A
Gosok dengan tekanan sedang dan gerakan melingkar selama kurang lebih 60 detik. Biarkan produk mengering hingga menjadi kabut. Bersihkan dengan handuk mikrofiber segar dan super lembut. Ulangi sampai tandanya hilang.

“Pastikan melakukannya di tempat teduh, saat panel sudah dingin dan sudah dicuci sebelum dipoles, karena kotoran akan semakin banyak menimbulkan goresan,” kata Spesialis Perbaikan Senior IAG John Farrugia dikutip SINDOnews dari laman racv, Jumat (29/12/2023).

2. Cara mengatasi goresan mobil yang dalam

Cara Menghilangkan Baret pada Bodi Mobil

Goresan atau noda yang dalam sering kali terlihat putih karena lapisan atas dan lapisan dasar telah terkelupas hingga lapisan primernya terlihat. Hal ini dapat disebabkan oleh gesekan mobil dengan benda, vandalisme, atau faktor lingkungan seperti hujan es atau serpihan batu.

“Jika cat sudah rusak sehingga cat primernya terbuka, satu-satunya cara memperbaikinya adalah dengan mengecat panelnya,” kata Farrugia. Untuk mengecat ulang panel yang tergores parah, Anda memerlukan lebih banyak peralatan.

Untuk menghilangkan goresan mobil yang dalam dengan cara terbaik, pertama cuci dan keringkan mobil secara menyeluruh. Rekatkan area perbaikan dengan selotip untuk melindungi pekerjaan cat di sekitarnya.

Ampelas area yang tergores dalam satu arah dengan amplas 2.000 grit. Oleskan lapisan primer otomotif sesuai instruksi produk. Setelah primer mengering, catlah lapisan dasar (cat berwarna) sesuai petunjuk produk.



Setelah cat mengering, aplikasikan lapisan atas sesuai petunjuk produk, semprotkan pada area yang lebih luas dari area perbaikan untuk pencampuran yang maksimal. Setelah lapisan atas mengering, poles area tersebut dengan senyawa pemoles hingga cocok dengan bagian mobil lainnya.

3. Cara memperbaiki goresan mobil yang berkarat

Jika goresan cukup dalam hingga memperlihatkan bodi logam mobil Anda, berarti goresan tersebut telah menembus setiap lapisan cat. Udara, air, kotoran, dan partikel lainnya akan mulai berkumpul pada logam dan dengan cepat berkembang menjadi karat.

Karat adalah masalah serius yang memerlukan bantuan profesional. Untuk memperbaiki goresan yang menancap pada bodi logam mobil, sebaiknya bawa ke bengkel mobil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)