11 Cara Menjaga Kabin Mobil Tetap Wangi, Tak Cukup Dibersihkan Saja

Jum'at, 29 Desember 2023 - 17:26 WIB
loading...
11 Cara Menjaga Kabin Mobil Tetap Wangi, Tak Cukup Dibersihkan Saja
Kabin mobil harus dibersihkan secara berkala agar tak bau. (Foto: Auto2000)
A A A
JAKARTA - Menjaga kabin mobil tetap wangi gampang-gampang susah. Perlu konsistensi agar kondisi kabin mobil tetap terjaga, baik dari perilaku penumpang hingga pembersihan secara berkala.

Dengan kondisi kabin mobil yang wangi tentu perjalanan akan semakin nyaman karena mobil ibarat rumah kedua bagi sebagaian orang.

Berikut ini cara mudah menjaga kabin mobil tetap wangi seperti dibagikan Auto2000, Jumat (29/12/2023).

1. Bersihkan Ventilasi Udara


Ventilasi udara di dalam mobil menjadi salah satu tempat yang rentan terhadap penumpukan debu dan kotoran. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya bau yang tidak sedap saat AC dinyalakan. Untuk menghindari hal ini, bersihkan ventilasi udara secara rutin atau menggantinya bila diperlukan. Gunakan kuas kecil atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai untuk membersihkan debu pada ventilasi udara.

2. Gunakan Penyegar Alami


Untuk memberikan aroma yang menyegarkan di mobil, gunakan penyegar udara alami. Salah satu cara mudah dan efektif adalah letakkan potongan buah jeruk atau lemon dalam wadah di mobil.


3. Jaga Kebersihan Mobil


Kebersihan mobil merupakan faktor penting untuk menjaga mobil tetap wangi. Usahakan untuk selalu membersihkan mobil secara rutin, baik bagian dalam maupun bagian luar. Bagian dalam mobil seperti dasbor, kursi, dan bagian lainnya bisa menjadi tempat penumpukan debu dan kotoran yang dapat menyebabkan bau tidak sedap.

4. Bersihkan Karpet Mobil


Karpet mobil sering kali menjadi tempat penumpukan kotoran, debu, dan bahkan sisa makanan. Hal ini dapat menyebabkan bau tidak sedap di mobil. Oleh karena itu, penting untuk secara rutin membersihkan karpet mobil dengan cairan khusus untuk menghilangkan noda dan bau.

5. Hindari Makan di Mobil


Kebiasaan ini menjadi salah satu hal yang paling sulit dihindari oleh pengguna mobil. Makan atau mengonsumsi camilan di dalam mobil memang sering dilakukan untuk menghemat waktu serta menahan rasa kantuk. Tetapi, sisa makanan yang tertinggal dapat menyebabkan bau tidak sedap dan sulit dihilangkan. Untuk menjaga mobil tetap wangi, sebaiknya hindari makan di dalam mobil.

6. Gunakan Pengharum Mobil


Selain penyegar alami, Anda juga bisa menggunakan pengharum mobil untuk memberikan aroma yang lebih nyaman di dalam mobil. Pilih pengharum mobil yang memiliki aroma yang disukai, tetapi pastikan penggunaannya tidak mengganggu konsentrasi saat mengemudi.


7. Periksa Sistem AC Mobil


Sistem AC mobil yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan terjadinya penumpukan debu dan kelembapan di dalam mobil. Kelembapan ini dapat menjadi sarang bakteri dan jamur yang dapat menghasilkan bau yang tidak sedap.

8. Hindari Merokok di Mobil


Merokok di dalam mobil bukan hanya berdampak buruk bagi kesehatan, tetapi juga dapat menyebabkan bau asap yang sulit dihilangkan. Asap rokok dapat menempel pada permukaan interior mobil , termasuk jok, karpet, dan langit-langit.

9. Gunakan Vacum Cleaner dengan Fungsi Aroma


Saat membersihkan karpet dan interior mobil, Anda bisa menggunakan vacum cleaner yang dilengkapi dengan fungsi aroma. Beberapa vacuum cleaner memiliki wadah yang dapat diisi dengan minyak aroma atau pengharum khusus.

10. Jaga Kebersihan Area Bagasi


Area bagasi mobil juga perlu mendapatkan perhatian dalam menjaga kebersihan dan keharuman mobil . Jangan biarkan kotoran atau barang-barang telantar menumpuk di dalam bagasi. Bersihkan area bagasi secara berkala dengan menyedot debu dan membersihkan permukaan bagasi. Pastikan juga untuk membersihkan atau mencuci karpet bagasi secara rutin.

11. Servis Rutin


Selain menjaga kebersihan dan keharuman mobil, servis rutin berkala juga merupakan faktor penting dalam menjaga mobil tetap wangi saat dikendarai. Dalam servis rutin, sejumlah komponen mobil akan diperiksa, diservis, atau diganti sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2330 seconds (0.1#10.140)
pixels