5 Cara Mudah Mengatasi Kaca Mobil Berembun saat Hujan

Rabu, 03 Januari 2024 - 11:33 WIB
loading...
5 Cara Mudah Mengatasi Kaca Mobil Berembun saat Hujan
Masalah kaca mobil berembun saat hujan terjadi karena perbedaan suhu di dalam dan luar mobil. (Foto: Toyota)
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi masalah kaca mobil berembun saat hujan wajib diketahui pengemudi lantaran berkaitan dengan keselamatan di jalan.

Kaca mobil berembun tentunya mengganggu pandangan sehingga berpotensi memicu kecelakaan. Apalagi kondisi hujan biasanya membuat jalanan licin dan konsentrasi mengemudi agak terganggu.

Sebelum mencari solusinya, penting juga memahami sumber masalah kaca mobil berembun saat hujan. Masalah ini terjadi karena adanya perbedaan suhu di luar mobil dan dalam mobil. Ketika suhu di luar mobil lebih panas dibandingkan suhu dalam mobil, suhu kaca mobil akan memisahkan dua ruang tersebut.

Jika kelembaban di bagian luar kaca mobil lebih tinggi, maka kandungan air pada udara panas akan berubah menjadi embun yang akan menempel pada kaca di bagian luar kaca mobil.



Lantas bagaimana cara mengatasi kaca mobil berembun saat hujan? berikut langkah-langkah, dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (3/1/2024):

1. Turunkan Suhu dalam Mobil


Langkah pertama turunkan suhu di dalam mobil. Atur suhu kipas yang paling tinggi agar sirkulasi udara bisa lebih maksimal. Kemudian turunkan suhu di dalam mobil hingga yang paling rendah namun pada tingkatan yang masih bisa ditolerir.

2. Menggunakan Fitur Defrost/Defogger


Bila mobil dibekali dengan fitur Defrost atau Defogger, ini bisa dimanfaatkan. Ventilasi defrost biasanya terletak pada kedua sisi paling ujung dari dasbor. Sementara bila embun yang terjadi di belakang mobil, gunakan fitur deffoger untuk menghilangkannya.

3. Resirkulasi Udara dalam Mobil


Opsi lain menghilangkan kaca mobil berembun adalah menggunakan tombol resirkulasi. Dengan mengaktifkan fungsi ini, mobil akan memasukan udara dari luar mobil dan mengembuskan udara tersebut tanpa mengubah suhu. Hal ini dapat mencegah adanya perbedaan suhu. Tak perlu berlama-lama resirkulasi udara di dalam mobil, bila sudah cukup embun menghilang maka sudah bisa mematikan fitur tersebut.


4. Gunakan Wiper


Selain mengurangi suhu kabin mobil, untuk menghilangkan embun bisa juga dengan menggunakan wiper untuk menyeka embun-embun tersebut. Pastikan wiper dalam pengaturan yang paling pelan supaya tak mengganggu penglihatan.

5. Membuka Jendela


Cara paling cepat dan mudah menghilangkan embun adalah membuka jendela. Bukalah jendela dalam waktu singkat dan biarkan embun menghilang. Setelahnya tutup kembali agar AC di dalam mobil bisa kembali terasa dingin.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2214 seconds (0.1#10.140)