Foto Wanita Ini Bikin Heboh, Buktikan Mobil Listrik Sudah Ditemukan 100 Tahun Lalu

Rabu, 03 Januari 2024 - 16:50 WIB
loading...
Foto Wanita Ini Bikin Heboh, Buktikan Mobil Listrik Sudah Ditemukan 100 Tahun Lalu
Serangkaian foto yang diambil tahun 1922 jadi bukti nyata bahwa teknologi mobil listrik sudah ditemukan sejak 100 tahun yang lalu. Foto/Daily Mail
A A A
LONDON - Serangkaian foto yang diambil tahun 1922 jadi bukti nyata bahwa teknologi mobil listrik sudah ditemukan sejak 100 tahun yang lalu. Foto-foto itu menunjukkan seorang wanita berpose mengisi daya mobil listrik pertama yang diproduksi tahun 1905.

Foto-foto tersebut menunjukkan seorang wanita mengenakan topi besar dan sarung tangan berpose di garasi dengan mobil listrik . Mobil dalam foto adalah Columbia Electric Victoria Phaeton, jenis kendaraan listrik yang pertama kali diproduksi pada tahun 1905.

Dikutip dari laman Daily Mail, Rabu (3/1/2024), Jika dibeli baru harga mobil sekitar USD1.600 (Rp24,8 juta) pada tahun 1908, atau sekitar USD44.000 (Rp683,12 juta) sesuai kurs saat ini. Berdasarkan brosur Columbia Electric Vehicles saat itu, mobil listrik ini begitu populer saat pertama kali dirilis hingga terjual habis.



Brosur tersebut menyatakan bahwa selama musim 1905 hanya satu pendapat yang diungkapkan mengenai kendaraan ini. Mobil ini merupakan kendaraan paling cerdas, tercepat, terkini, dan paling andal yang pernah ada.

Mobil listrik ini memiliki 24 sel baterai, tiga gigi maju dan dua gigi mundur, dan dapat mencapai kecepatan tertinggi hingga 15 mil/jam atau 24 km/jam. Namun, mengendarainya tidak seperti mobil modern saat ini, karena masih memiliki desain berbasis gerbong.
Foto Wanita Ini Bikin Heboh, Buktikan Mobil Listrik Sudah Ditemukan 100 Tahun Lalu


Mobil listrik ini tanpa roda kemudi atau pedal akselerator, kecepatan dikendalikan dengan tongkat yang dipegang di tangan kiri. Sedangkan pengemudi akan mengendalikan mobil seperti perahu dengan menggunakan penggarap.

Rem kemudian dibagi menjadi dua pedal, satu pedal untuk parkir dan satu lagi untuk memperlambat. Wanita itu ditampilkan menghubungkan mobil ke perangkat besar yang dilengkapi dengan tombol dan tuas, yang sebenarnya adalah stasiun pengisian daya mobil.



Dengan menggunakan kabel yang panjang, wanita tersebut digambarkan sedang mencolokkan mobilnya untuk mengisi daya. Tidak seperti pengisi daya apa pun yang mungkin Anda lihat saat ini, model tahun 1920-an ini menggunakan sesuatu yang disebut penyearah busur merkuri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2048 seconds (0.1#10.140)