Skandal Terburuk di Industri Otomotif Selain Kecurangan Uji Tabrak Daihatsu

Senin, 08 Januari 2024 - 10:36 WIB
loading...
A A A
Cacat pada sabuk produk Takata ini adalah plastiknya, yang menjadi rapuh jika terkena sinar matahari dalam jangka waktu lama. Hal ini menyebabkan gesper putus, tidak memberikan perlindungan, atau macet, sehingga menjebak pengguna. Meskipun tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, ada sekitar 50 orang terluka. Penarikan kembali ini tidak hanya berdampak pada satu merek saja. Sebab Sabuk Takata digunakan oleh Honda, Nissan, Mazda, Subaru, bahkan beberapa model GM, Ford, dan Chrysler.

2. Ford: Pengapian Rusak (1996)

Pada 1996, Ford mengeluarkan penarikan terbesar kedua dalam sejarahnya, menarik 8,7 juta mobil dari 1988 hingga 1993 karena saklar pengapian rusak. Pengapian ini mempunyai kemungkinan terjadinya hubungan arus pendek, menyebabkan kolom kemudi menjadi terlalu panas dan terkadang terbakar.

Berdasarkan pengaduan yang dikirimkan ke Ford, lebih dari 1.000 kebakaran disebabkan oleh cacat ini di AS dan Kanada. Kebakaran ini tidak hanya menghancurkan banyak mobil, tetapi juga menyebabkan kebakaran di beberapa rumah ketika mobil diparkir di garasi. Ada juga korban luka yang dilaporkan disebabkan oleh kebakaran ini: 21 orang berasal dari AS dan sembilan orang lainnya berasal dari Kanada.

3. General Motors: Engine Mounting Bermasalah (1971)

GM melakukan penarikan terbesar di AS pada 1971, yakni sebanyak 6,7 juta mobil. Masalah tersebut menyangkut dudukan mesin pada mobil tertentu, yang bisa patah sehingga mesin dapat bergerak bebas. Hal ini tentu saja menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian mobil.

4. Fiat Chrysler: Peretasan (2015)

Pada 2015, Fiat Chrysler menarik kembali 1,4 juta mobil karena kelemahan perangkat lunak yang memungkinkan peretas mendapatkan kendali atas mesin, rem, dan bahkan kemudi kendaraan. Dua peretas, Charlie Miller dan Chris Valasek, telah mengembangkan perangkat lunak yang dapat mengeksploitasi kelemahan ini dan memberi tahu Chrysler sebelum mempublikasikan temuan mereka, dengan harapan hal itu akan memperbaiki masalah tersebut.

Awalnya, Fiat Chrysler berencana mengeluarkan pembaruan melalui situs web mereka dan memberi tahu pelanggan mereka. Namun, NHTSA mengatakan kepada Chrysler bahwa penarikan resmi diperlukan karena potensi bahayanya terhadap masyarakat.

Perusahaan kemudian mengeluarkan penarikan/recall untuk kendaraan tertentu dengan layar sentuh, menjadikannya penarikan resmi pertama karena ancaman peretasan.

5. Volkswagen: Skandal Emisi (2015)

Pada 2015, Badan Perlindungan Lingkungan AS mengumumkan bahwa Volkswagen menggunakan perangkat lunak pada mobil dieselnya untuk menipu uji emisi. Perangkat lunak tersebut mendeteksi saat mobil sedang diuji dan mengurangi emisi, namun saat dikendarai secara normal, mobil akan kembali normal.

Diperkirakan mobil-mobil ini menghasilkan polutan 40 kali lebih banyak daripada yang diperbolehkan di AS. Belakangan, Volkswagen mengumumkan bahwa sekitar 11 juta mobil terkena dampaknya di seluruh dunia, dengan setengah juta berada di Amerika Serikat. Volkswagen melakukan beberapa kali penarikan, termasuk program pembelian kembali, dan menghabiskan miliaran dolar untuk membayar denda dan memberikan kompensasi kepada pelanggan mereka. Beberapa eksekutif, termasuk CEO, mengundurkan diri dan beberapa dipecat.

6. Takata: Airbag Mematikan (2013-15)
Skandal Terburuk di Industri Otomotif Selain Kecurangan Uji Tabrak Daihatsu

Hampir 20 tahun setelah penarikan besar pertama mereka, Takata terlibat dalam skandal lebih besar; kali ini melibatkan airbag. Pada 2013, ditemukan bahwa bahan kimia di dalam tabung logam di kantung udara mereka rusak, menyebabkan tabung tersebut meledak dengan kekuatan yang lebih besar dari yang diharapkan, mengirimkan pecahan logam ke dalam kabin mobil.

Lebih dari 30 juta mobil dari 10 pabrikan berbeda ditemukan cacat dan ditarik kembali. Honda sendiri menarik jutaan mobil. Secara total, 13 kematian dan lebih dari 100 cedera dilaporkan terkait dengan cacat ini.


7. Toyota: Akselerasi yang Tidak Disengaja (2009)

Pada 2009, Toyota menarik kembali jutaan kendaraan karena beberapa cacat yang mengakibatkan akselerasi yang tidak diinginkan.

Ini dipicu keluarga beranggotakan empat orang saat mereka menjelaskan masalahnya kepada operator 911. Beberapa mobil Toyota mengalami cacat, yaitu pedal gas tersangkut atau tersangkut di karpet lantai, sehingga menyebabkan akselerasi yang tidak diinginkan.

Yang lebih mengejutkan adalah Toyota mengetahui masalah ini dan bahkan menarik kembali sekitar 50.000 matras pada 2007.

Namun, Toyota gagal melakukan penarikan besar-besaran atau bahkan mengubah desain matras. Dua belas kematian dikaitkan dengan cacat tersebut dan Toyota didenda karena berusaha merahasiakan masalahtersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2925 seconds (0.1#10.140)