Tips Cuci Mobil yang Baik dan Benar Tanpa Merusak Cat

Selasa, 23 Januari 2024 - 21:00 WIB
loading...
A A A
Menyemprot body mobil dengan air bertekanan tinggi secara frontal memiliki risiko bikin body mobil penyok. Selain itu, body mobil juga bisa mengalami lecet karena gesekan keras antara air dan kotoran-kotoran yang menempel di permukaannya.

2. Bersihkan body mobil dengan sabun
Setelah selesai membasuh body mobil dengan air bersih, tahap selanjutnya yang bisa dilakukan ialah membersihkan body mobil dengan sabun yang telah disiapkan.

Sebisa mungkin gunakan sabun khusus cuci mobil yang sudah terbukti aman dan ampuh melunturkan kotoran-kotoran di body mobil.

Hindari bahan pembersih yang tidak diperuntukkan bagi eksterior kendaraan karena bisa jadi hasilnya tak akan maksimal atau bahkan berisiko menimbulkan gangguan pada body mobil.

Cara paling efektif untuk membersihkan body mobil ialah melakukannya mulai dari bagian atas, lalu lanjut ke bagian bawah. Cara ini akan lebih cepat untuk melunturkan kotoran-kotoran yang menempel di body mobil.

3. Jangan lupa cuci ban dan detail lainnya
Jangan lupa untuk ikut membersihkan bagian ini ketika mencuci mobil. Bersihkan dinding ban menggunakan sikat dan sabun. Setelah bersih lanjut ke peleknya.

Untuk pelek, cukup menggunakan lap agar tidak melukai pelek. Bersihkan mulai dari bagian depan hingga sela-selanya agar tampilan secara keseluruhan terlihat bersih.

Detail-detail mobil lainnya yang juga mesti Anda perhatikan ketika mencuci mobil ialah wiper, spion, antena, grill, lampu-lampu, dan handle pintu.

4. Bilas dan keringkan body mobil dengan benar
Setelah mobil bersih, selanjutnya tinggal dibilas. Perlu diingat, hanya lakukan proses ini dengan menggunakan air bersih dan mengalir. Jika tidak maka body mobil yang sudah bersih akan menjadi sia-sia.

Bilas mulai dari bagian atas body mobil, kemudian kaca, hingga ban dan detail-detail yang ada pada eksterior kendaraan. Selesaikan proses pembilasan dengan mengeringkan body mobil menggunakan lap plas chamois yang sudah siapkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)